Jumat 05 Jan 2024 18:15 WIB

Banyak Temuan Sumber Gas, ESDM Harap Dukung Target Produksi

Arifin juga meminta agar infrastrukturnya disiapkan dengan baik.

Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri ESDM Arifin Tasrif.
Foto: Dok ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengharapkan penemuan beberapa sumber gas besar dapat mendukung target produksi Indonesia pada 2030, yaitu 12 miliar kaki kubik gas bumi per hari (BSCFD). Arifin mencontohkan penemuan gas besar tersebut berasal dari sumur eksplorasi Geng North-1 di WK North Ganal di laut Kalimantan Timur.

"Kalau minyak memang agak berat tetapi kita juga harus mensyukuri ada discovery (penemuan sumber gas) baru itu ada di Geng North ENI mereka rencana 2028 akan masuk itu kan ada 5 TCF (trillion cubic feet) lebih plus kondensat," kata Arifin di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Baca Juga

Selanjutnya, kata dia, temuan gas jumbo juga berasal dari sumur eksplorasi Layaran-1 yang berlokasi di lepas pantai Sumatera bagian utara.

"Kemudian yang dulu Timpan mengebor lagi itu juga gede, yang baru lagi itu di Layaran-1, baru dapat lagi minggu lalu ada 6 TCF lebih. Kita kan punya target 12 BSCFD nanti 2030. Itu dengan Masela, Geng North, Timpan sama Layaran, itu kita baru dikumpul-kumpul gasnya baru 11,1 (TCF), masih 0,9 (TCF) lagi," ungkapnya.