Senin 08 Jan 2024 08:43 WIB

Tahun 2024, PGN Mulai Kembangkan Bisnis Mini LNG untuk Pasok Smelter

Smelter merupakan proyek hilirisasi yang implementasinya sedang didorong pemerintah.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi PGN.
Foto: PGN
Ilustrasi PGN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengawali tahun 2024 dengan pengapalan produk mini LNG ke pelanggan smelter di Sulawesi Tenggara. Penyaluran LNG dari Kalimantan Utara ini sebagai realisasi dari Perjanjian Jual Beli LNG dengan PT Kayan LNG Nusantara. 

PGN mengirimkan mini LNG dengan 25 unit Isotank berukuran 40 ft sebagai moda transportasi LNG. Direktur Sales dan Operasi PGN, Ratih Esti Prihatini, menjelaskan bahwa alokasi LNG dari Kayan akan mendukung pengembangan bisnis mini LNG bagi PGN dan domestik. Hal ini dikarenakan proyek ini merupakan pengembangan LNG skala kecil yang pertama di Indonesia. Pengambilan LNG pun dilaksanakan pascaserangkaian uji coba tuntas dilakukan para pihak.

Baca Juga

“Penyaluran alokasi LNG dari Kayan membuktikan skema beyond pipeline PGN dapat direalisasikan komersialisasinya. Partnership PGN Group dengan Kayan dalam monetisasi alokasi LNG skala kecil, diharapkan dapat menggerakkan LNG retail di Indonesia dan menciptakan multiplier effect bagi pengguna akhir dan menciptakan pertumbuhan ekonomi baru disekitarnya” ujar Ratih dalam siaran persnya, Senin (8/1/2024).

Smelter merupakan proyek hilirisasi yang implementasinya sedang gencar didorong oleh Pemerintah. Lantaran smelter dapat berperan meningkatkan nilai raw material yang merupakan produksi pertambangan di Indonesia. Dengan penyaluran LNG ke smelter, PGN Group menginginkan untuk turut berperan mendukung program hilirisasi Pemerintah yang menggunakan  gas bumi sebagai energi rendah emisi dan ramah lingkungan.

Ratih berharap, wilayah yang layak untuk dijangkau oleh LNG nantinya semakin bertumbuh. Kemudian pemanfaatan LNG diharapkan tidak hanya sebagai energi bagi industri dan smelter, tetapi juga pembangkit listrik dan berbagai segmen pengguna lain. 

Beberapa wilayah di Indonesia memang belum terjangkau oleh infrastruktur pipa gas bumi. Namun demikian, terobosan LNG skala kecil ini diharapkan dapat berperan sebagai infrastruktur yang mendukung pemerataan penggunaan gas bumi. Sehingga gas bumi dapat dinikmati masyarakat diberbagai lokasi pulau di Indonesia dan target Pemerintah menuju Net Zero Emission dapat tercapai sesuai target yang dicanangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement