Jumat 12 Jan 2024 13:59 WIB

Google dan Samsung Kerja Sama untuk Sederhanakan Sharing Android 

Nearby Share Android akan mengadopsi nama yang sama dengan protokol berbagi Samsung.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Samsung Quick Share
Foto: Samsung User
Samsung Quick Share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan digital modern hadir dengan banyaknya gadget, dan gadget tersebut sering kali tidak bisa untuk digunakan bersama-sama. Hal ini paling terlihat jelas saat OLED di Las Vegas Convention Center selama CES, di mana Google mengumumkan beberapa upaya kecil untuk membuat konstelasi gadget yang luas di ekosistemnya, yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah.

Ada juga fitur sharing seperti AirDrop di Android menggabungkan kekuatan dengan Samsung, TV pintar LG mendapatkan pembaruan rumah pintar, dan TikTok akan hadir di Chromecast. Akhir tahun lalu, fitur-fitur tersebut telah diberi tahu akan hadir, namun akhirnya kini sudah resmi.

Baca Juga

Nearby Share Android akan mengadopsi nama yang sama dengan protokol berbagi Samsung dan menjadi Quick Share. Ini merupakan kabar baik bagi pengguna ponsel Samsung, yang tidak lagi menghadapi pilihan membingungkan dari dua opsi berbagi yang sangat mirip, dan fungsi Quick Share akan tetap sama bagi pengguna.

Sedangkan untuk ponsel Android non-Samsung, Quick Share baru akan menambahkan dukungan untuk fitur-fitur yang sebelumnya hanya dimiliki Samsung seperti berbagi file dengan banyak kontak secara bersamaan untuk perangkat yang kompatibel.