Jumat 19 Jan 2024 14:00 WIB

Bitget Blockchain4Her Berdayakan Wanita dalam Keragaman Gender di Web3

Bias gender yang signifikan tetap ada di industri ini.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Wanita pemimpin industri kripto (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Wanita pemimpin industri kripto (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Bitget meluncurkan inisiatif Blockchain4Her yang bertujuan untuk mempromosikan keragaman gender dan inklusivitas dalam industri blockchain, dengan komitmen sebesar 10 juta dolar Amerika Serikat. Pengumuman ini dibuat pada acara Web3 Hub Davos yang diselenggarakan oleh CV Labs, selama Forum Ekonomi Dunia 2024, di mana Bitget memamerkan komitmennya untuk mendorong kewirausahaan wanita dan mengakui pencapaian wanita dalam ruang blockchain dan Web3. 

Terlepas dari kemajuan industri dan peningkatan inklusivitas, bias gender yang signifikan tetap ada. Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Bitget mengungkapkan keragaman gender yang terbatas di pasar pendanaan blockchain, yang menunjukkan bahwa startup blockchain yang dipimpin oleh perempuan hanya mendapatkan 6 persen dari total pendanaan. Dalam ekonomi berbasis blockchain yang berpikiran maju dan global, prevalensi bias gender yang secara signifikan membatasi peluang adalah masalah yang tidak dapat diterima.

Baca Juga

Inisiatif seperti Blockchain4Her bertujuan untuk mengatasi kesenjangan ini. Dengan menyoroti tantangan yang dihadapi oleh perusahaan startup yang dipimpin oleh perempuan, Bitget bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong upaya kolektif untuk menciptakan lanskap pendanaan yang lebih inklusif.

Managing Director Bitget Gracy Chen menjelaskan terkait inisiatif utama Blockchain4Her.

"Program Inkubasi Wirausaha Perempuan dan Kompetisi Pitching. Sebagai bagian dari inisiatif Blockchain4Her, Bitget akan meluncurkan program inkubasi yang secara khusus dirancang untuk pengusaha wanita. Program-program ini akan memberikan dukungan, bimbingan, dan sumber daya yang komprehensif, memberdayakan perempuan untuk menavigasi dan berhasil dalam industri blockchain," kata dia, Jumat (19/1/2024). 

Selain itu, Blockchain4Her akan menyelenggarakan kompetisi pitching untuk perusahaan startup yang didirikan oleh perempuan, menawarkan mereka sebuah platform untuk memamerkan inovasi mereka dan mendapatkan investasi potensial.

"Women in Blockchain Summit & Awards. Blockchain4Her akan menampilkan pengalaman eksklusif yang disebut Women in Blockchain Summit & Awards, yang berfungsi sebagai platform untuk merayakan dan mengakui pencapaian luar biasa dari para wanita di bidang blockchain," kata dia.

Berikutnya adalah duta program. Bitget juga akan mengundang para pemimpin industri untuk bergabung sebagai duta besar untuk program Blockchain4Her, yang mendukung keragaman gender dalam blockchain. Para duta akan mengadvokasi, terlibat, dan mendorong perubahan positif, serta membina lingkungan yang inklusif.

Inisiatif Blockchain4Her dari Bitget dibangun di atas kesuksesan program Blockchain4Youth dan Program Bitget Builders Blockchain4Youth, juga dengan komitmen investasi sebesar $10 juta selama lima tahun ke depan, telah memainkan peran penting dalam menginspirasi generasi muda untuk merangkul teknologi blockchain. Upaya Bitget dalam memberikan kesempatan yang adil dan mempromosikan inklusivitas keuangan adalah inti dari inisiatif ini.

 "Dalam industri yang berkembang dengan cepat, keberagaman dan inklusi sangat penting untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Blockchain4Her merefleksikan dedikasi kami untuk menjembatani kesenjangan gender dalam industri blockchain. Melalui program inkubasi, kompetisi pitching, dan acara-acara penghargaan, kami bertujuan untuk memberdayakan perempuan untuk mengambil peran kepemimpinan di bidang Web3 dan blockchain. Inisiatif ini sejalan dengan visi kami yang lebih luas untuk menciptakan masa depan yang lebih adil dan inklusif melalui kekuatan blockchain."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement