Senin 29 Jan 2024 09:17 WIB

Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Kisahkan Perjalanan Dilan di Bangku Sekolah Dasar

Aktor cilik Muhammad Adhiyat didapuk memerankan tokoh Dilan semasa sekolah dasar.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Muhammad Adhiyat (kanan) dan aktris Malea Emma (kiri) memerankan tokoh Dilan dan Mei Lien di film Dilan 1983: Wo Ai Ni. (Dok Falcon Pictures)
Foto: Dok Falcon Pictures
Aktor Muhammad Adhiyat (kanan) dan aktris Malea Emma (kiri) memerankan tokoh Dilan dan Mei Lien di film Dilan 1983: Wo Ai Ni. (Dok Falcon Pictures)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor cilik Muhammad Adhiyat didapuk memerankan tokoh Dilan yang duduk di bangku sekolah dasar dalam film Dilan 1983: Wo Ai Ni. Sinema terbaru Dilan besutan Falcon Pictures itu akan tayang di bioskop Indonesia pada 2024.

Adhiyat dikenal publik saat membintangi film Pengabdi Setan dalam usia yang lebih belia. Meski genre film Pengabdi Setan adalah horor, Adhiyat kecil bisa menghidupkan karakter anak bungsu yang dia perankan sehingga tokoh itu bisa memberi warna tersendiri.

Baca Juga

Kini, saat akan memerankan film Dilan 1983: Wo Ai Ni yang bergenre drama, Adhiyat mengaku sudah belajar tentang sosok Dilan. "Udah belajar banyak dari ayah Pidi dan mas Fajar Bustomi. Bagaimana cara Dilan bicara, dan sikapnya. Tapi semua sudah bisa," ujar Adhiyat, dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id.

Fajar Bustomi merupakan sutradara Dilan 1983: Wo Ai Ni, sementara "Ayah Pidi" yang dimaksud Adhiyat adalah penulis novel-novel Dilan sekaligus yang menggarap naskah film Dilan 1983: Wo Ai Ni bersama Alim Sudio. Tidak seperti cerita terdahulunya yang mengisahkan percintaan Dilan, Dilan 1983: Wo Ai Ni mengisahkan masa kecil Dilan.

Dalam cerita, Dilan masih berusia 12 tahun dan tinggal di Bandung. Namun, pada tahun 1983, Dilan harus pindah ke Timor Timur karena ayahnya bertugas sebagai tentara. Setelah 1,5 tahun di Timor Timur, Dilan kembali ke Bandung, lalu bertemu dengan sahabat lamanya.

Sahabatnya itu adalah Mei Lien (Malea Emma), seorang gadis pindahan dari Semarang. Dilan suka pada Mei Lien, tetapi ia tahu bahwa mereka tidak boleh pacaran. Penulis Pidi Baiq mengungkap kesulitan mencari sosok yang pas untuk jadi pemeran Mei Lien dan Dilan. Pidi memang terlibat langsung dalam pemilihan pemeran untuk film yang diadaptasi dari novelnya.

"Paling susah pas cari Mei Lien. Saya cari di sosmed, sampai akhirnya menemukan Malea. Saya langsung hubungin Teh Erica (produser film), tapi ternyata (Malea) ada di Amerika. Tapi saya maunya Malea, dan ternyata dia pernah di Hollywood juga," kata Pidi.

Selain Adhiyat dan Malea, film Dilan 1983: Wo Ai Ni juga dibintangi Ira Wibowo yang kembali dipercaya untuk memerankan tokoh ibu Dilan dan Bucek Depp sebagai ayah Dilan. Para pemeran lain yakni Ashel JKT 48, Zayyan Sakha, Cok Simbara, Muzakki, Queen, Sulthan, Ferdinand, Keanu Azka, Graciella Abigail, Shania Diva, Cleo, Quentin, Mieke Amalia, Annisa Hertami, dan Daan Aria.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement