Senin 29 Jan 2024 17:37 WIB

Damkar Tangsel Evakuasi Ular Piton yang Mangsa Kucing Peliharaan

Ular piton tersebut memangsa kucing peliharaan di Perumahan Villa Pamulang.

Red: Qommarria Rostanti
Penangkapan ular piton (ilustrasi). Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menangkap dan mengevakuasi seekor ular piton yang memangsa kucing peliharaan.
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Penangkapan ular piton (ilustrasi). Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menangkap dan mengevakuasi seekor ular piton yang memangsa kucing peliharaan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menangkap dan mengevakuasi seekor ular piton. Ular tersebut memangsa kucing peliharaan di Perumahan Villa Pamulang, Kelurahan Pondok Benda.

"Keberadaan ular itu baru diketahui warga setempat saat melihat langsung ular memangsa kucing di dekat saluran drainase perumahan," kata Komandan Regu Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tangsel Ilham di Tangerang, Senin (29/1/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, awal mula penemuan ular piton sepanjang empat meter yang telah memangsa seekor kucing itu diketahui oleh salah satu warga setempat. Kemudian memberitahukan ke warga lain dan menghubungi Tim Rescue Damkar Tangsel untuk mengamankan ular tersebut.

"Saat kami datang, ular telah kembali bersembunyi di gorong-gorong. Hingga akhirnya kami lakukan pembongkaran untuk menarik ular ke luar," katanya.

Selanjutnya, ular piton itu berhasil dievakuasi dari bawah bagian rumah warga oleh petugas rescue, dan langsung dibawa ke Kantor Damkar Tangsel untuk dilepasliarkan di area yang jauh dari permukiman warga. "Setelah berhasil ditarik, ular kami amankan dan evakuasi ke dalam karung untuk dibawa ke Mako Dinas Damkar," ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat agar lebih waspada terutama saat musim hujan seperti saat ini serta menjaga kebersihan lingkungan rumah. "Rumah kosong, tempat saluran air, area rumah-rumah yang kurang terawat harus lebih sering diperhatikan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement