Rabu 31 Jan 2024 19:25 WIB

Studi: Anak-Anak Habiskan 60 Persen Lebih Banyak Waktu di TikTok Dibandingkan YouTube

Anak-anak menonton streaming 27 persen lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Sebuah studi mengenai kebiasaan daring anak-anak menemukan bahwa anak-anak berusia hingga 18 tahun menghabiskan rata-rata global 112 menit setiap hari di aplikasi video pendek Tiktok pada 2023.
Foto: Pixabay
Sebuah studi mengenai kebiasaan daring anak-anak menemukan bahwa anak-anak berusia hingga 18 tahun menghabiskan rata-rata global 112 menit setiap hari di aplikasi video pendek Tiktok pada 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi baru mengenai kebiasaan-kebiasaan daring anak-anak menemukan bahwa anak-anak berusia empat hingga 18 tahun menghabiskan rata-rata global 112 menit setiap hari di aplikasi video pendek TikTok pada tahun 2023. Jumlah tersebut meningkat dari 107 menit pada tahun sebelumnya. 

Meskipun YouTube tetap menjadi aplikasi streaming terbesar di dunia pada kelompok demografis ini, anak-anak menghabiskan 60 persen lebih banyak waktu di TikTok tahun lalu. Data tersebut, dari studi baru mengenai media digital anak-anak, juga meneliti penggunaan teknologi-teknologi baru seperti ChatGPT OpenAI oleh anak-anak.

Baca Juga

Penelitian tersebut, yang memperhitungkan kebiasaan media digital di lebih dari 400.000 keluarga dan sekolah di seluruh dunia, berasal dari pembuat perangkat lunak kendali orang tua, Qustodio. Dalam laporan tahunannya perusahaan ini memberikan gambaran tentang kebiasaan digital anak-anak dan penggunaan teknologi mereka di perangkat seluler dan desktop, dengan mendalami pasar-pasar tertentu, termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris Raya (UK), Spanyol, Australia, dan Prancis.

Dilansir Techcrunch, Rabu (31/1/2024), karena ChatGPT baru diluncurkan di iOS pada bulan Mei dan di Android pada bulan Juli, Qustodio memilih untuk hanya melihat penggunaan situs web OpenAI. Secara global, ditemukan bahwa hampir 20 persen anak-anak mengakses situs ini pada tahun lalu, menjadikannya situs ke-18 yang paling banyak dikunjungi pada tahun tersebut.

Di AS, 18,7 persen anak-anak mengunjungi situs tersebut, dan secara keseluruhan situs tersebut berada di peringkat ke-32. Australia mengalami adopsi terbesar, karena 24 persen anak-anak mengunjungi situs tersebut pada tahun 2023.

Dalam hal streaming, anak-anak menghabiskan 27 persen lebih banyak waktu menonton layanan streaming dibandingkan tahun lalu, meskipun kenaikan harga di beberapa layanan mungkin berdampak pada jumlah penonton mereka. Perusahaan tersebut menemukan bahwa anak-anak menghabiskan empat persen lebih sedikit waktu menonton Netflix pada tahun 2023, 23 oersen lebih sedikit waktu di Disney+, dan 12 persen lebih sedikit waktu di Hulu.

Sementara itu, YouTube dan aplikasi sejenisnya, YouTube Kids, memecahkan rekor, dengan waktu tonton untuk YouTube Kids meningkat sebesar 14 persen secara global, dengan rata-rata mencapai 96 menit per hari. Itu adalah angka tertinggi yang pernah dicapai Qustodio sejak dimulainya pengumpulan data pada tahun 2019. YouTube berada pada menit ke-70, naik dari 67 menit pada tahun lalu.

Meskipun Netflix menaikkan harga dan menindak kata sandi pada tahun 2023, Netflix tetap menjadi streamer terpopuler kedua di dunia di kalangan anak-anak, karena 40 persen menggunakan layanan tersebut. YouTube menduduki peringkat pertama, dengan 63 persen anak-anak menggunakannya, dan Disney+ berada di peringkat tertinggi dengan 20 persen.

Netflix adalah satu-satunya....

Namun, Netflix adalah satu-satunya layanan berbayar yang semakin populer dari tahun ke tahun, seiring dengan penurunan persentase streamer lain, termasuk Disney+, Amazon Prime Video, dan Hulu, serta layanan streaming langsung Twitch, yang turun dari 11 persen anak-anak yang menggunakan layanan ini pada tahun 2022 menjadi hanya delapan persen pada tahun 2023.

Mereka yang tetap menggunakan Twitch tahun ini meningkatkan jam menonton mereka, menonton streaming langsung secara global sebesar 16 persen lebih banyak dengan rata-rata 22 menit per hari.

Meskipun terdapat kekhawatiran yang semakin besar di kalangan orang tua dan legislator mengenai dampak buruk media sosial, penggunaan aplikasi media sosial di kalangan anak-anak tetap populer pada tahun 2023, baik dalam kondisi baik maupun buruk. TikTok tetap menjadi aplikasi paling populer secara global, digunakan oleh 44 persen anak-anak, dan Facebook, yang membuktikan ketangguhannya, menjadi aplikasi terpopuler kedua, digunakan oleh 38 persen.

Selain itu, seiring dengan rebranding Twitter yang menyebabkan 38 persen demografi generasi muda menggunakan platform ini tahun lalu, naik dari 30 persen pada tahun 2022. Yang melengkapi daftar aplikasi sosial paling populer secara global adalah Reddit, Instagram, dan Pinterest, dengan penggunaan masing-masing 32 persen, 32 persen, dan 31 persen. Namun, daftarnya terlihat sedikit berbeda di AS, karena TikTok diikuti oleh X, Reddit, Facebook, Pinterest, dan kemudian Instagram.

Tetapi, TikTok menghabiskan lebih banyak waktu dibandingkan para pesaingnya, dengan penggunaan rata-rata 112 menit per hari secara global, dibandingkan dengan 63 menit untuk Instagram, 19 menit untuk Facebook, 16 menit untuk Pinterest, 10 menit untuk X, dan sembilan menit untuk Reddit. 

Terkait dengan itu, WhatsApp Meta mempertahankan posisi teratas sebagai aplikasi perpesanan paling populer secara global, digunakan oleh 37 persen anak-anak, mengungguli Snapchat (35 persen), Discord (31 persen), Messages (28 persen), Skype (21 persen), dan Google Duo (13 persen).

Snapchat sejauh ini merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh anak-anak, dengan rata-rata 74 menit per hari, jauh di depan pesaing terdekatnya, Discord, dengan 27 menit per hari. Jika aplikasi ini dikategorikan ke dalam aplikasi-aplikasi sosial dan bukan aplikasi-aplikasi komunikasi, itu akan menjadikannya aplikasi nomor tiga berdasarkan waktu yang dihabiskan.

Di antara aplikasi game, Roblox adalah yang paling populer, digunakan oleh 48 persen anak-anak selama rata-rata 130 menit per hari secara global, diikuti oleh Minecraft, Among Us, Clash Royale, Stumble Guys, dan Magic Tiles 3.

Anak-anak juga terus menggunakan aplikasi pembelajaran populer tahun lalu, seperti yang disediakan oleh sekolah-sekolah mereka, seperti Google Classroom, serta aplikasi yang ada di bidang pendidikan, seperti aplikasi top Duolingo, Photomath, Kahoot!, Quizlet, Simply Piano, dan Brainly.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement