Rabu 31 Jan 2024 22:02 WIB

Mendag: UMKM dan Pedagang Pasar Tulang Punggung Ekonomi Nasional

Peran digitalisasi bagi pelaku UMKM sangat penting.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, para pelaku usaha  mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pedagang pasar rakyat harus terus menyesuaikan diri  dengan perkembangan zaman
Foto: Republika/Alfian choir
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pedagang pasar rakyat harus terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyampaikan, para pelaku usaha  mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pedagang pasar rakyat harus terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dengan masuk ke pasar digital melalui platform niaga elektronik. Peran digitalisasi bagi pelaku UMKM dan pedagang pasar sangat penting sehingga dapat menggerakkan  ekonomi masyarakat dan meningkatkan daya beli rumah tangga. Saat ini pelaku UMKM telah menjadi  tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi nasional. 

Hal tersebut disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri sosialisasi bertajuk “Digitalisasi  Sebagai Strategi UMKM dan Pedagang Naik Kelas”, Rabu (31/1/2024) di Kota Surakarta, Jawa  Tengah. 

“Digitalisasi ini sebuah keniscayaan. Sesuai perkembangan zaman, saat ini ilmu berdagang adalah  digitalisasi. Kalau kita sebagai UMKM dan pedagang tidak ikut serta, bisa ketinggalan. Kita bisa  menjadi dinosaurus karena semua sudah berubah dengan cepat,” ujar Mendag Zulkifli Hasan. 

Dalam sosialisasi tersebut, Mendag Zulkifli Hasan didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam = Negeri Kementerian Perdagangan Isy Karim dan Plt Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto. Turut  hadir Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Surakarta Tamso dan  Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Sudaryono. 

Mendag Zulkifli Hasan menyampaikan, UMKM dan pasar rakyat turut berkontribusi terhadap kinerja  ekonomi 2023. Hingga Kuartal III 2023, ekonomi nasional secara kumulatif mampu tumbuh 5,05  persen. Konsistensi pertumbuhan ini menandakan daya tahan dan kinerja perekonomian Indonesia  yang lebih baik dibandingkan banyak negara lain. Inflasi Indonesia juga terkendali di level 2,61 persen  (YoY) per Desember 2023. 

“Capaian ini tidak akan terwujud tanpa peran UMKM dan pasar rakyat. Memang pondasi atau tulang  punggung ekonomi Indonesia itu adalah UMKM dan pasar rakyat,” kata Mendag Zulkifli Hasan. 

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, potensi kontribusi UMKM dan pasar rakyat dalam  perekonomian pun menjadi perhatian pemerintah. Bahkan ia berharap, keberpihakan pemerintah  kepada UMKM dan pedagang pasar dapat mendorong terbentuknya sumber daya manusia yang  unggul dan mampu berwirausaha. 

“Keberpihakan pemerintah kepada UMKM dan pedagang memang all out. Saya meyakini upaya  pemerintah akan menjadi cikal bakal lahirnya sumber daya manusia yang unggul dan mengerti dunia  usaha,” ujar Mendag Zulkifli Hasan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement