Ahad 04 Feb 2024 00:03 WIB

Kenapa Pesawat Bisa Terbang di Udara?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana pesawat yang terbuat dari logam bisa terbang dan menjelajah angkasa.

Red: Partner
.
Foto: network /
.

Pesawat terbang di udara. Ada beberapa alasan mengapa pesawat yang terbuat dari logam mampu mengudara dan menjelajah angkasa. Foto: Republika
Pesawat terbang di udara. Ada beberapa alasan mengapa pesawat yang terbuat dari logam mampu mengudara dan menjelajah angkasa. Foto: Republika

REPUBLIKA KIDS -- Halo Kids... Pernahkan bertanya mengapa pesawat bisa terbang dan melayang di udara, padahal jika menilik dari beratnya dan faktor gravitasi, pesawat seharusnya tidak bisa terbang. Pesawat adalah salah satu penemuan manusia yang paling revolusioner dan benda raksasa terbuat dari logam ini mampu mengudara dan menjelajah angkasa, menantang hukum gravitasi yang mengikat bumi.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana pesawat bisa terbang? Ada beberapa alasan yang membuat pesawat bisa mengangkasa.

Menurut Kepala Pusat Riset Teknologi Penerbangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fadilah Hasyim, pesawat terbang adalah alat transportasi yang paling efisien untuk menghubungkan belasan ribu pulau di Indonesia. Menurut dia, dengan pesawat terbang, manusia bisa sampai di tempat tujuan dengan lebih cepat, murah dan aman.

"Karena pesawat terbang itu sangat berguna, maka BRIN melakukan penelitian dan pengembangan teknologi pesawat di Pusat Riset Teknologi Penerbangan," tuturnya saat menerima kunjungan siswa SD Hikari di Aula Garuda Pusat Riset Teknologi Penerbangan, Rumpin, Bogor, seperti dinukil dari situs BRIN.