Selasa 06 Feb 2024 16:15 WIB

Dorong Bawaslu Hadir di Setiap TPS, Denny Tewu: Agar Pemilu Jurdil

Untuk itu pemerintah dalam hal ini perlu memperhatikan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
TPS (Ilustrasi)
Foto: Republika TV
TPS (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan partai peserta pemilihan umum (pemilu) mengalami kesulitan untuk menyediakan saksi-saksi saat digelarnya pemilu akibat terbatasnya anggaran partai maupun calon legislatif (caleg) yang bersangkutan. 

Untuk itu menurut Caleg DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dapil Sulawesi utara (Sulut) nomor urut 1 Denny Tewu, agar dapat menjaga integritas dari pemilu, maka kehadiran badan pengawas pemilu (bawaslu) sebagai pengawas akan sangat menentukan, kejujuran dan keadilan dari pada proses Pemilu di tahun 2024. 

Baca Juga

Kehadiran bawaslu, kata Denny, sangat penting mengingat proses pemilu masih dilakukan secara manual dan belum sepenuhnya digital. "Tanpa proses pengawasan yang baik, maka khwatir ada partai-partai yang telah siap dengan jaringan yang kuat hingga ke seluruh TPS, akan mudah diduga untuk memanipulasikan suara hasil C-1 dengan mengutak-atik hasil pemilu di berbagai TPS yang minim saksi dari partai-partai peserta pemilu lainnya," kata Denny pada Selasa (6/2/2024).

photo
Denny Tewu. - (Dok. Web)

Untuk itu pemerintah dalam hal ini perlu memperhatikan bagaimana agar pemilu 2024 ini benar-benar jujur dan adil (jurdil) dengan memperkuat pengawasan terhadap bawaslu serta memberdayakan kewenangan maupun keberadaan pemantau pemilu agar dapat membantu menjaga integritas hasil pemilu 2024 secara Jurdil.