Senin 12 Feb 2024 07:40 WIB

Dari Jual Mukena Hingga Raih Penghargaan di Shopee Super Awards 2023

UMKM lokal dianggap memiliki peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian.

Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di Shopee Super Awards 2023 ini adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana berhasil menyabet penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM.
Foto: Tangkapan layar Instagram
Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di Shopee Super Awards 2023 ini adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana berhasil menyabet penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Shopee kembali menggelar Shopee Super Awards 2023 yang merupakan ajang penghargaan kepada pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir, termasuk UMKM lokal.

UMKM lokal dianggap memiliki peranan penting sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia. Maka dari itu tidak heran, sejumlah kategori di Shopee Super Awards 2023 ditujukan khusus untuk para pelaku UMKM yang telah memberikan dampak positif melalui ekosistem e-commerce Indonesia.

Baca Juga

Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di Shopee Super Awards 2023 ini adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana berhasil menyabet penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM, berkat ketekunannya menggunakan fitur live streaming dan sukses menjual ribuan produk dalam satu hari.

Triana pun berbagi kisah kepada awak media mengenai perjalanannya merintis bisnis mukena onlinenya. Awalnya, pria 43 tahun ini memiliki bisnis konveksi, namun perputaran modalnya dirasa cukup lama karena banyak dari para pelanggannya yang membayar dalam tempo yang cukup lama.

photo
Christin Djuarto, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Memberikan Penghargaan Kategori Super Livestreamer UMKM kepada Triana Saptiaji, Pemilik Azella Collections di Shopee. - (Dok istimewa)

“Saya sudah pakai Shopee dari tahun 2015, tapi waktu itu cuma untuk belanja aja, dan waktu itu saya masih punya bisnis online konveksi. Istri saya bilang, zaman semakin canggih, semakin modern, jadi serba digital, jadi harus bisa melangkah ke depan. Selain itu, sebagai UMKM kecil kita butuh yang bisa perputaran modalnya bisa cepat, dan akhirnya saya buka Azella Collections di Shopee. Alhamdulillah, bersyukur banget ambil keputusan itu,” ujar Triana.

Pandemi Covid-19, menjadi titik balik dalam perjalanan bisnis Triana. Pria kelahiran Tasikmalaya ini, mengandalkan fitur live streaming di Shopee, untuk mengembangkan bisnis mukenanya. Hasilnya pun cukup mengesankan. Azella Collections berhasil menjual hingga 1.500 produk saat kampanye tanggal kembar berlangsung.

“Namanya era digital, kita sebagai pelaku UMKM mau nggak mau harus belajar biar bisa berkembang. Akhirnya saya pelajari itu fitur-fitur di Shopee termasuk live streaming. Sehari bisa live sampai 7 sesi. Alhamdulillah, bisa tembus ratusan juta dalam sehari waktu 12.12,” ujarnya.

photo
Salah satu UMKM yang sukses menyabet penghargaan di Shopee Super Awards 2023 ini adalah Triana Saptiaji, pemilik UMKM Azella Collections. Triana berhasil menyabet penghargaan di kategori Super Livestreamer UMKM. - (Tangkapan layar Instagram)

Berkat bisnisnya yang berkembang, Triana berhasil mewujudkan cita-citanya membuka lapangan pekerjaan bagi 100 orang pegawainya. Lebih lanjut, ia masih berusaha menuntaskan misinya untuk memberikan dampak positif pada daerahnya dengan mengurangi tingkat pengangguran di Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kisah sukses menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya, memberikan bukti bahwa pemanfaatan fitur-fitur inovatif di platform e-commerce dapat membawa kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang signifikan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement