Senin 12 Feb 2024 12:09 WIB

Bank Muamalat Gandeng Universitas Telkom Perkuat Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Potensi kerja sama lain adalah pengelolaan dana kampus dan dana abadi alumni.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Bank Muamalat Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Telkom terkait rencana kerja sama, (ilustrasi)
Foto: Telkom
Bank Muamalat Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Telkom terkait rencana kerja sama, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Telkom terkait rencana kerja sama dalam lingkup tri dharma perguruan tinggi, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemanfaatan produk perbankan. Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan, kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen Muamalat dalam peningkatan angka indeks literasi dan inklusi keuangan, khususnya keuangan syariah di kalangan sivitas akademika. 

Selain itu, perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan merupakan salah satu segmen yang menjadi fokus bisnis Bank Muamalat. Adapun fokus bisnis Bank Muamalat saat ini adalah retail individual. 

Baca Juga

"Oleh karena itu, selain kerja sama di lingkup tri dharma dan pengembangan SDM, kami juga menawarkan produk dan layanan perbankan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh sivitas akademika Universitas Telkom,” ujarnya dalam keterangan dikutip, Senin (12/2/2024).

Salah satu kerja sama yang akan ditawarkan adalah implementasi virtual account secara host to host. Melalui kemitraan ini, mahasiswa Universitas Telkom nantinya dapat melakukan pembayaran uang kuliah melalui aplikasi mobile banking Muamalat DIN. Potensi sinergi lainnya adalah pengelolaan dana kampus dan dana abadi alumni Universitas Telkom. Bagi hasil dari dana abadi alumni yang ditempatkan di Bank Muamalat bisa digunakan untuk membantu kampus. 

Menurut Indra, Bank Muamalat juga menawarkan untuk mengelola administrasi pembayaran gaji (payroll) staf dan dosen Universitas Telkom melalui layanan Cash Management System (CMS) Madina. Sebagai informasi, hingga akhir 2023 Bank Muamalat telah menjalin kerja sama payroll dengan 53 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

Adapun terkait literasi keuangan syariah, Bank Muamalat akan melaksanakan program Minterin, yaitu talkshow atau seminar yang dibawakan oleh praktisi perbankan kepada mahasiswa Universitas Telkom. Ada pula program MIKO (Muamalat Indonesia Kompeten) yang merupakan program magang bagi mahasiswa tingkat akhir Universitas Telkom di Bank Muamalat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement