Kamis 15 Feb 2024 09:50 WIB

Langkah Sir Jim Ratcliffe Beli 25 Persen Saham MU Disetujui FA dan Liga Primer

Ratcliffe akan menghabiskan Rp 17 triliun untuk pembelian saham MU.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Sir Jim Ratcliffe
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Sir Jim Ratcliffe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Langkah Sir Jim Ratcliffe membeli 25 persen saham Manchester United telah disetujui oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Liga Primer. Pembelian saham oleh miliarder Inggris tersebut memakan biaya 1,03 miliar poundsterling atau sekira Rp 17 triliun.

Pemilik MU, keluarga Glazer, akan mempertahankan saham mayoritas klub tersebut. Namun Ineos Group milik Ratcliffe akan mengambil kendali operasional sepak bola.

Baca Juga

Penjualan tersebut tidak dapat diselesaikan hingga penawaran saham ditutup, yaitu Jumat malam di Amerika Serikat. Persetujuan Liga Primer bergantung pada penyelesaian kesepakatan.

“Liga Primer sekarang menunggu konfirmasi penyelesaian transaksi,” kata liga dalam sebuah pernyataan dikutip dari BBC, Rabu (14/2/2024).

Kesepakatan itu merupakan yang pertama berdasarkan hasil tes pemilik dan direktur Liga Primer yang diperbarui, yang disetujui oleh klub-klub anggota pada Maret 2023 dan mencakup peninjauan oleh panel pengawas independen.

“FA dapat mengonfirmasi bahwa Liga Super Wanita Barclays dan Dewan Kejuaraan Wanita Barclays telah menyetujui akuisisi oleh Sir Jim Ratcliffe dari Klub Sepak Bola Manchester United sehubungan dengan entitas Manchester United Wanita,” kata FA dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan Ratcliffe juga mencakup 236 juta poundsterling atau sekira Rp 4,64 triliun untuk investasi masa depan Old Trafford. Ia ingin membuat markas MU tersebut menjadi lebih modern, mengikuti para pesaing di Inggris dan Eropa.

Ratcliffe telah setuju untuk membeli 25 persen saham kelas B klub, yang sebagian besar dipegang oleh keluarga Glazer, yang memiliki 69 persen saham klub, dan memiliki hampir semua hak suara, dan hingga 25 persen saham kelas A, yang mana  terdaftar di Pasar Saham New York.  Sahamnya masing-masing bernilai 33 dolar AS atau sekitar Rp 516 ribu.

Pembaruan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Senin malam mengonfirmasi bahwa batas waktu bagi pemegang saham kelas A menawarkannya untuk dijual telah diperpanjang dari Rabu hingga pukul 23:59 EST pada Jumat.

Sejauh ini 36,7 persen saham kelas A telah ditender, sudah di atas 25 persen yang disetujui Ratcliffe untuk dibeli.

Mengambil kendali olahraga di klub berarti Ineos akan mengawasi operasional dan akademi sepak bola pria dan wanita. 

Ratcliffe telah melakukan beberapa kunjungan ke Old Trafford dan tempat latihan klub sambil menunggu kesepakatan untuk menerima persetujuan akhir.

BBC Sport memahami bahwa prosesnya berjalan positif menuju penyelesaian. Keluarga Glazer membeli Manchester United seharga 790 juta poundsterling atau sekira Rp 15,53 triliun pada tahun 2005.

Pada bulan November 2022, keluarga Amerika tersebut menyatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk menjual guna "mengeksplorasi alternatif strategis".

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement