Jumat 23 Feb 2024 17:09 WIB

Jawaban Nabi Muhammad Membuat Orang Yahudi Ini Meyakini Kenabian Beliau

Jawaban tersebut tidak diketahui siapapun kecuali oleh seorang Nabi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Nabi Muhammad.
Foto: Republika.co.id
Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Yahudi dikisahkan melewati Nabi Muhammad SAW yang saat itu sedang mengobrol dengan para sahabat. Di saat itulah, orang-orang Quraisy menyampaikan sesuatu kepada orang Yahudi tersebut.

Penggalan kisah tersebut tercantum dalam hadits yan diriwayatkan dari Al Qasim bin Abdurrahman, dari ayahnya, dari Abdullah. Hadits ini termaktub dalam kitab Al Musnad karya Imam Ahmad bin Hanbal dan Al Mu'jam Al Kabir karya Imam Ath Thabrani dengan jalur periwayatan yang memiliki perbedaan.

Baca Juga

Lantas apa yang disampaikan oleh orang-orang Quraish kepada orang Yahudi itu saat melintas di depan Rasulullah SAW? Berikut bunyi hadits lengkapnya:

عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ مَرَّ يَهُودِيٌّ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ يُحَدِّثُ أَصْحَابَهُ فَقَالَتْ قُرَيْشٌ يَا يَهُودِيُّ إِنَّ هَذَا يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ فَقَالَ لَأَسْأَلَنَّهُ عَنْ شَيْءٍ لَا يَعْلَمُهُ إِلَّا نَبِيٌّ قَالَ فَجَاءَ حَتَّى جَلَسَ ثُمَّ قَالَ يَا مُحَمَّدُ مِمَّ يُخْلَقُ الْإِنْسَانُ قَالَ يَا يَهُودِيُّ مِنْ كُلٍّ يُخْلَقُ مِنْ نُطْفَةِ الرَّجُلِ وَمِنْ نُطْفَةِ الْمَرْأَةِ فَأَمَّا نُطْفَةُ الرَّجُلِ فَنُطْفَةٌ غَلِيظَةٌ مِنْهَا الْعَظْمُ وَالْعَصَبُ وَأَمَّا نُطْفَةُ الْمَرْأَةِ فَنُطْفَةٌ رَقِيقَةٌ مِنْهَا اللَّحْمُ وَالدَّمُ فَقَامَ الْيَهُودِيُّ فَقَالَ هَكَذَا كَانَ يَقُولُ مَنْ قَبْلَكَ

Diriwayatkan dari Al Qasim bin Abdurrahman, dari ayahnya, dari Abdullah, dia berkata bahwa seorang Yahudi lewat di Rasulullah SAW yang sedang berbincang dengan para sahabatnya.

Lalu orang-orang Quraisy berkata, "Hai Yahudi, orang ini (Nabi Muhammad) mengaku sebagai Nabi!" Lalu orang Yahudi itu berucap, "Sungguh, aku akan menanyakan sesuatu kepadanya, yang tidak diketahui siapapun kecuali oleh seorang Nabi."

Orang Yahudi tersebut kemudian menghampiri Rasulullah SAW, dan duduk di dekatnya, lalu bertanya, "Wahai Muhammad, dari apa manusia diciptakan?"

Nabi SAW kemudian menjawab...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement