Ahad 03 Mar 2024 20:56 WIB

Paul Munster Sanjung Gol Cepat Iqbal yang Bantu Kemenangan Persebaya Atas PSS

Muhammad Iqbal mencetak gol cepat untuk Persebaya pada detik ke-13.

Red: Israr Itah
Pesepak bola Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (3/3/2024). Persebaya menang dengan skor 2-1.
Foto: ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Pesepak bola Persebaya Surabaya Muhammad Iqbal (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Ahad (3/3/2024). Persebaya menang dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pelatih Persebaya Surabaya Paul Munster memuji Muhammad Iqbal yang punya kemampuan melepaskan tendangan gledek akurat. Kemampuan ini dipertontonkan Iqbal saat menciptakan gol cepat pada detik ke-13 ke gawang PSS Sleman pada laga pekan ke-27 BRI Liga 1, Ahad (3/3/2024) petang.

Pada pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya itu, Persebaya memetik kemenangan 2-1 atas PSS. 

Baca Juga

"Gol Iqbal sangat bagus dan saya juga kaget dengan gol cepatnya. Namun itu murni kemampuan dari Iqbal karena saat lawan Persita dia juga melakukan hal yang sama dengan menendang dari jarak jauh dan nyaris membuahkan gol, tapi hari ini yang bisa berhasil," ujar Munster saat konferensi pers usai pertandingan.

Munster menjelaskan, sosok asal Padang Pariaman tersebut merupakan pemain yang memiliki kemampuan khusus yang tidak dimiliki oleh penggawa lain Bajol Ijo. Meskipun saat babak kedua ia mengganti Iqbal, Munster menegaskan itu murni hanya karena taktik tim.

"Selama di Persebaya saya selalu mengutamakan untuk melatih taktik, fisik, dan mental, jadi para pemain bisa memahami cara bermain saya," ujarnya.

Sementara Iqbal mengatakan, gol yang ia hasilkan saat melawan klub berjuluk Super Elang Jawa (Elja) tersebut merupakan taktik yang sudah dilakukan oleh tim saat latihan.

"Gol dari saya tadi memang merupakan taktik yang diberikan oleh Coach Munster, bahwa kami harus bermain menyerang dari belakang. Saat latihan kami juga sering melakukan tendangan-tendangan dari jarak jauh," ujarnya.

Ia juga tidak menyangka bisa membuat gol cepat pada detik ke-13 saat melawan PSS Sleman. Ini merupakan gol pertamanya pada musim ini.  "Gol ini saya persembahkan untuk keluarga, Bonek Bonita, dan tentu untuk tim juga," kata dia.

Pada pertandingan itu, dua gol Persebaya tercipta melalui M Iqbal pada menit ke-1 dan Bruno Moreira pada menit ke-30. Sedangkan gol balasan PSS Sleman dicetak oleh Esteban Vizcarra pada menit ke-47.

Saat ini, Persebaya naik ke posisi sembilan klasemen sementara Liga 1 dengan meraih total 35 poin dari 27 pertandingan. Sementara PSS Sleman tetap di peringkat 14 dengan total 31 poin dari 27 pertandingan.

Pada pertandingan selanjutnya, Persebaya akan melawat ke kandang Borneo FC pada 7 Maret. Sementara, PSS Sleman juga akan melakoni laga tandang ke markas PSM Makassar pada 8 Maret. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement