Senin 04 Mar 2024 08:06 WIB

Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup 2024 Jaring Atlet Muda Berbakat

Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup 2024 diikuti sebanyak 155 peserta.

Red: Fernan Rahadi
Suasana Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup 2024 yang dilaksanakan di Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU) 2-3 Maret 2024.
Foto: Penerangan AAU
Suasana Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup 2024 yang dilaksanakan di Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU) 2-3 Maret 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup 2024 yang dilaksanakan di Ksatrian Akademi Angkatan Udara (AAU) 2-3 Maret 2024 sukses terselenggara. Kejuaraan Pentathlon dilaksanakan untuk memperkenalkan Modern Pentathlon Indonesia kepada masyarakat Indonesia. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Dr Purwoko Aji Pranowo yang juga Ketua Umum Modern Pentathlon Indonesia, dalam keterangannya menyampaikan bahwa olahraga Modern Pentathlon memiliki nilai filosofi yang bagus. 

"Terdapat filosofi yang luar biasa pada olah raga Modern Pentathlon karena Seorang atlit  dituntut harus mempunyai Kekuatan, Ketahanan, Ketangkasan, Disiplin, dan Strategi yang sangat baik untuk dapat memenangkan perlombaan. Oleh karena itu atlit Pentathlon sering dikenal dengan sebutan Super Atlit," ujar Purwoko dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (4/3/2024).

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup dilaksanakan untuk menjaring atlet-atlet muda berbakat yang ada di Indonesia.

"Kita lihat  bersama tadi, peserta dari Sulawesi Selatan yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas meraih juara satu pada kategori umum, sehingga potensi tersebut akan kita  bina untuk menjadi atlet nasional Modern Pentathlon Indonesia. 

Kejuaraan Pentathlon Gubernur AAU Cup 2024 diikuti sebanyak 155 peserta yang terdiri dari 32 Taruna, 46 dari Kategori TNI AU dan 77 dari Kategori Umum. 

Kejuaraan Pentathlon  untuk  katagori  Taruna (integrasi) dan katagori TNI AU meliput  cabang olah raga Obstacle run, lari, menembak dan renang. Sedangkan untuk umum meliputi Obstacle run, lari dan renang.

Pada kategori TNI AU, keluar sebagai Juara 1 yakni Praka Arif Burhanuddin dari Yonko 464 Kopasgat, Juara 2 Praka Zulkifli dari Yonko 463 Kopasgat, dan Juara 3 Serda Evan Oktariansyah dari Denhanud 474 Pasgat. 

Sedangkan untuk Juara terbaik tiap cabang olah raga (Cabor) Pentathlon katagori TNI AU. Juara terbaik Cabang olah raga  Obstacle run diraih  Serda Yohanis Roy M dari Satbravo 90 Kopasgat, juara terbaik Cabor Renang Pratu Dodi Arman dari Wingdik 800/Pasgat, juara terbaik lari Pratu Aditya F dari Satbravo Kopasgat, dan juara terbaik menembak diraih  Pratu Zulkifli dari Yonko 463 Kopasgat.

Pada Kategori Umum, keluar sebagai Juara 1 Muhammad Armyn dari MPI Sulawesi Selatan, Juara 2 Puncak A Hutagalung dari MPI Jawa Tengah, dan Juara 3 Ikzan Saputra dari MPI Jawa Tengah.

Sedangkan untuk katagori umum  juara terbaik tiap cabang olah raga. Juara terbaik Cabor Obstacle run diraih Muhammad Nur Ardiansyah dari MPI Jawa Timur, Juara terbaik Cabor renang Andi Rafli S dari SMA Negeri Pakasi Sadas Kalimantan barat, dan juara  terbaik Cabor lari Muhammad  Armyn dari Sulawesi Selatan.

Para atlet kejuaraan Pentathlon Gubernur Cup 2024 ini selain menerima  piagam penghargaan juga memperoleh medali dan sejumlah uang pembinaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement