Food Prep Bikin Persiapan Masak Menu Sahur-Berbuka Jadi Lebih Cepat, Ini Kiatnya

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Ahad 10 Mar 2024 11:39 WIB

Workshop food prep dan meal prep Ramadhan bersama LocknLock, dipandu oleh homecooking enthusiast Alun Rahmadani di Jakarta, Kamis (7/3/2024). Foto:

1

4. Pendingin

Kulkas atau lemari pendingin juga menjadi salah satu komponen penting dalam food prep. Tiap kulkas tentu memiliki spesifikasi dan ketahanan yang berbeda-beda. Menurut Alun, kulkas satu pintu cenderung lebih cepat memunculkan embun dan memicu kelembapan di dalam wadah makanan dibandingkan kulkas dengan bagian chiller dan freezer yang terpisah.

"Kalau sayur basah, lembap, otomatis lebih cepat busuk," jelas Alun.

5. Rencana masak

Sebelum berbelanja stok makanan, Alun menyarankan untuk membuat rencana masak terlebih dahulu. Dengan begitu, orang bisa mengetahui bahan makanan apa saja yang perlu dibeli dan seberapa banyak jumlahnya.

Untuk pemula, Alun menyarankan agar mereka tidak langsung berbelanja stok bahan makanan untuk jangka waktu yang lama seperti satu-dua pekan. Mereka bisa memulai food prep untuk tiga-lima hari terlebih dahulu.

"Karena food prep butuh konsistensi (dalam memasak) dan kita harus tahu teknik. Kalau baru mulai nyetok banyak (bahan makanan), ditakutkan belum konsisten dalam memasak, nanti jadi sampah (karena bahan tidak termasak), mubazir," kata wanita dengan akun Instagram @alunrahma ini.

Terpopuler