Rabu 13 Mar 2024 08:48 WIB

Pohon Beringin Setinggi 100 Meter Tumbang Timpa Tiga Rumah, Lima Warga Dilarikan ke RS

Pohon beringin yang tumbang menyebabkan lima orang mengalami luka.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Pohon beringin tumbang (Ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Andri Saputra
Pohon beringin tumbang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN---Sebuah pohon beringin setinggi 100 meter tumbang dan menimpa tiga rumah warga di Dusun Mulya Asih, Desa Puncak,  Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Pohon berukuran besar dengan diameter sekitar enam meter itu tumbang setelah diterjang angin kencang.

Peristiwa tersebut, terjadi pada Selasa (12/3/2024). Kemudian, lima orang penghuni rumah yang tertimpa pohon tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Sekarkamulyan Kuningan akibat mengalami luka. Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, ketiga rumah yang tertimpa pohon tumbang itu masing-masing milik Agus (43), Parli (62) dan Alhari (50).

Baca Juga

‘’Dari ketiga rumah itu, dua rumah rusak berat (milik Agus dan Parli), satu rusak ringan (milik Alhari),’’ ujar Indra.

Indra mengatakan, tumbangnya pohon itu menyebabkan lima orang mengalami luka. Mereka berasal dari dua rumah yang mengalami rusak berat. ‘’Kelima korban rata-rata mengalami luka lecet, luka ringan. Mereka dalam proses observasi pihak RS Sekarkamulyan,’’ ujar Indra.

Tak hanya merusak rumah dan melukai pemiliknya, pohon tumbang itu juga membuat peralatan rumah tangga, mebeleur dan peralatan elektronik yang ada di dalam rumah menjadi rusak. Begitu pula empat unit sepeda motor juga rusak.  ‘’Jalur listrik dan Telkom pun terputus,’’ katanya.

Indra menjelaskan, peristiwa itu diawali hujan intensitas ringan yang disertai angin kencang. Hingga akhirnya pohon beringin berukuran besar itu tiba-tiba tumbang. Proses pembersihan material dan pemotongan pohon tumbang pun melibatkan banyak pihak. Di antaranya, BPBD, pemadam kebakaran, TNI, Polri dan masyarakat setempat. 

Peristiwa tumbangnya pohon besar dan dampak yang ditimbulkannya itupun menarik perhatian warga. Bahkan, Pj Bupati Kuningan, Iip Hidajat pun langsung melakukan peninjauan ke lokasi kejadian dan menjenguk para korban yang dirawat di rumah sakit. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement