Mengenal Budaya Muslim di Vietnam Selama Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 21 Mar 2024 13:13 WIB

Masjid Cholon Vietnam Foto: Tangkapan Layar Masjid Cholon Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID,HANOI — Komunitas Muslim di Vietnam dan seluruh dunia telah memasuki bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini, umat Muslim percaya bahwa pintu-pintu ampunan Allah telah dibuka dan ada banyak berkah di dalamnya, sehingga mereka akan berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah.

Pada bulan Ramadhan ini, umat Muslim Vietnam akan berkumpul bersama untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah dan memanjaatkan doa bersama. Menurut mereka, berdoa bersama akan membantu menyatukan masyarakat dan juga membuat doa lebih kuat dan lebih didengar.

Baca Juga

Selama hari-hari bulan suci, umat Islam Vietnam akan bangun pagi-pagi sekali untuk makan sahur.  Kemudian sholat subuh, dan sepanjang hari meraka tidak akan makan dan minum, tidak juga memasukkan apa pun ke dalam mulut mereka.

Arti puasa saat Ramadhan adalah agar masyarakat bersimpati kepada orang miskin yang tidak memiliki cukup makanan dan pakaian. Puasa akan melatih orang untuk berpantang dan menahan godaan materi.

Secara tradisional, mereka akan berkumpul dengan keluarga dan teman untuk makan dua kali sehari, yakni waktu sahur dan maktu berbuka. Saat berbuka, umat Islam akan makan beberapa makanan ringan seperti kurma, jus, salad, susu dan air untuk mengisi kembali energi yang terkuras sepanjang hari. Dilanjutkan dengan menyantap berbagai makanan lezat dari domba, sapi, ayam dan permen sampai larut malam. Kemudian pada pukul 3 dini hari, mereka akan mulai bangun untuk memasak makan sahur.

Orang tua, orang sakit, wanita hamil dan ibu menyusui, dan orang-orang yang bekerja di negara-negara non-Muslim mungkin tidak diharuskan untuk melakukan ritual puasa ini.

Di Vietnam, di daerah dengan masjid seperti Hanoi dan City. Ho Chi Minh, An Giang, Ninh Thuan... Muslim lokal dan turis Muslim dari negara lain berkumpul di masjid untuk melakukan ritual sholat tarawih.

Pada Ramadhan 2024, satu-satunya masjid di Hanoi yang disebut Masjid AI Noor (12 Hang Luoc), Hoan Kiem, setiap harinya ada lebih dari 300 Muslim yang merupakan penduduk lokal dan pendatang. Mereka berbuka puasa bersama dan sholat berjamaah. 

Pemilik restoran Halal terkenal di Hanoi, “Nan n Kabab” Raja Janjua, mengatakan bahwa biasanya pada hari pertama Ramadhan, restorannya akan membagikan makanan gratis untuk buka prasa di masjid. Kedutaan besar negara-negara Muslim dan komunitas orang-orang beriman, juga turut mensponsori pesta buka puasa di masjid sepanjang bulan Ramadhan.

Makanan-makanan yang disajikan tentu saja harus halal, seperti nasi pulao, nasi ayam biryani, ayam Korma, Kabab daging sapi panggang, kari domba, kue, dan Kurma. Kurma selalu menjadi yang terpopuler dan terfavorit semua Muslim. 

Pada Ramadhan tahun ini, beberapa rekan yang tertarik dengan industri Halal juga diundang oleh keluarga Raja Janjua untuk ikut menghadiri buka puasa bersama, untuk merasakan budaya yang luar biasa tersebut.

Keluarga Raja Janjua (yang telah tinggal di Vietnam selama 19 tahun) dan istrinya, Ms. Thuy, sangat antusias dalam melayani komunitas Muslim serta menyebarkan pemahaman masyarakat tentang Muslim dan makanan Halal. Menurutnya, itu adalah kegembiraan berbagi dan berkontribusi pada perkembangan masyarakat.

Komunitas Muslim di Hanoi telah berkumpul untuk menjadi sukarelawan, berkontribusi untuk membantu orang miskin, mereka yang menghadapi kesulitan tak terduga dan berkontribusi kepada masyarakat. Kampanye di komunitas Muslim dan turis yang datang untuk bepergian dan bekerja secara lokal untuk melakukan amal telah membantu banyak orang mengatasi masa-masa sulit.

Selain itu, masyarakat juga sangat aktif berpartisipasi untuk menghubungkan dan membantu pengusaha Vietnam untuk mengakses bisnis dan bekerja sama dengan Muslim di negara-negara Muslim di seluruh dunia, terutama Timur Tengah. Ini adalah sumber daya penting untuk mendukung Vietnam dalam memperluas pasarnya ke Timur Tengah dan negara-negara GCC, wilayah dengan potensi besar untuk pengembangan ekonomi dan perdagangan.

Menurut Raja Janjua, jumlah umat Islam yang datang ke masjid telah meningkat secara signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini menurutnya merupakan pertanda baik. “Ini membuktikan bahwa keterbukaan dan keramahan Vietnam telah menarik perhatian umat Islam,” ujar Raja Janjua dilansir dari Vietnam VN pada Kamis (21/3/2024).

Menurut Raja Janjua, turis Muslim yang bepergian ke provinsi Utara dan Hanoi meningkat. Karenanya, Muslim Vietnam harus memanfaatkan kesempatan ini untuk mengeksploitasi pasar Muslim yang berhampir 2 miliar orang ini untuk mempromosikan pariwisata serta barang ekspor. 

Karena Muslim ketika bepergian sering menghabiskan di tingkat tinggi. Raa-rata, turis Malaysia menghabiskan lebih dari 2,5 juta per orang per hari, turis dari negara-negara GCC menghabiskan 6,5 kali lebih banyak dari rata-rata. 

Rata-rata global, dengan 40 persen wisatawan individu menghabiskan lebih dari 10 ribu USD dollar per perjalanan, banyak berbelanja, cenderung tinggal untuk waktu yang lama dan bepergian dalam kelompok (dari 5-7 orang hingga lebih) termasuk keluarga dan teman-teman. 

“Dan ketika mereka menemukan kecocokan sesuai standar Halal, mereka cenderung tinggal lebih lama, kemudian akan kembali lagi dan merekomendasikannya kepada teman dan kerabat mereka," ujar Raja.

Untuk meningkatkan pertukaran pemahaman tentang budaya dan masakan Muslim dengan teman-teman Vietnam, Raja menambahkan bahwa restoran barbekyu Timur Tengah Nan n Kabab berada di 34 Forge Street (Hoan Kiem) dan 49 Xuan Dieu (Tay Ho), akan tetap melayani sepanjang bulan suci sehingga para tamu dapat merasakan makanan dan budaya Muslim.

Beberapa hidangan buka puasa Ramadhan juga disajikan di toko. Hidangan ini dimasak oleh koki asli berpengalaman dari negara-negara Muslim, sehingga terjamin standar Halalnya.

Terpopuler