Tips Hindari Rasa Lapar Berlebihan Saat Puasa, 4 Hal Ini Bisa Dicoba

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Jumat 22 Mar 2024 05:58 WIB

Puasa (ilustrasi). Makanan tertentu yang dimakan sebelum memulai puasa dapat membantu mengurangi tingkat lapar sekaligus menjaga kesehatan. Foto: Republika/Mardiah Puasa (ilustrasi). Makanan tertentu yang dimakan sebelum memulai puasa dapat membantu mengurangi tingkat lapar sekaligus menjaga kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Secara ilmiah, puasa terbukti memiliki manfaat kesehatan. Penelitian menunjukkan manfaat kesehatan yang dapat diperoleh melalui puasa.

Hal tersebut antara lain menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mengurangi peradangan secara keseluruhan, respons yang lebih baik terhadap insulin, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ada juga bukti bahwa puasa intermiten dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka panjang, mengurangi risiko kanker tertentu, dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Baca Juga

Beberapa orang mungkin menganggap puasa itu mudah, tetapi bagi yang lain, ini bisa menjadi tantangan dan rasa lapar dapat mengganggu pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari lainnya. Adakah cara untuk mengurangi tingkat lapar saat puasa?

Rupanya, makanan tertentu yang dimakan sebelum memulai puasa dapat membantu mengurangi tingkat lapar sekaligus menjaga kesehatan. Berikut tips tetap sehat selama Ramadhan, dikutip dari Al Jazeera, Jumat (22/3/2024),