Rabu 24 Apr 2024 12:43 WIB

Anies-Muhaimin Salami Prabowo-Gibran Usai Penetapan Capres-Cawapres Terpilih 

KPU hari ini mnetapkan Prabowo-Gibran sebagai capres dan cawapres terpilih.

Rep: Bayu Adji P / Red: Andri Saubani
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bersama pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri rapat pleno penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pemilihan umum 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024).
Foto:

Setelah menerima salinan dokumen, Prabowo-Gibran kemudian turun dari panggung. Mereka pun langsung disambut oleh pasangan Anies-Muhaimin yang hadir dalam penetapan capres-cawapres terpilih. Kedua pasangan itu pun bersalaman satu sama lain.

Dari pantauan Republika, tidak seluruh perwakilan partai hadir dalam rapat pleno terbuka itu. Beberapa partai yang tak hadir adalah Partai Nasdem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari telah menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pasangan capres-cawapres terpilih dalam pemilu 2024. "Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam pemilihan umum tahun 2024," kata dia membacakan Keputusan KPU. 

Ia menyebutkan, Prabowo-Gibran memperoleh sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional. Pasangan nomor urut 2 itu juga memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi dari 38 provinsi di Indonesia.

 

photo
Karikatur Opini Republika : Nasehat Presiden - (Republika/Daan Yahya)

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَالَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ كَانُوْٓا اَشَدَّ مِنْكُمْ قُوَّةً وَّاَكْثَرَ اَمْوَالًا وَّاَوْلَادًاۗ فَاسْتَمْتَعُوْا بِخَلَاقِهِمْ فَاسْتَمْتَعْتُمْ بِخَلَاقِكُمْ كَمَا اسْتَمْتَعَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ بِخَلَاقِهِمْ وَخُضْتُمْ كَالَّذِيْ خَاضُوْاۗ اُولٰۤىِٕكَ حَبِطَتْ اَعْمَالُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِ ۚوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْخٰسِرُوْنَ
(keadaan kamu kaum munafik dan musyrikin) seperti orang-orang sebelum kamu, mereka lebih kuat daripada kamu, dan lebih banyak harta dan anak-anaknya. Maka mereka telah menikmati bagiannya, dan kamu telah menikmati bagianmu sebagaimana orang-orang yang sebelummu menikmati bagiannya, dan kamu mempercakapkan (hal-hal yang batil) sebagaimana mereka mempercakapkannya. Mereka itu sia-sia amalnya di dunia dan di akhirat. Mereka itulah orang-orang yang rugi.

(QS. At-Taubah ayat 69)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement