Selasa 07 May 2024 17:31 WIB

Mentan Optimistis Pompanisasi di Jabar Bisa Hasilkan Rp 150 Triliun Lewat Pertanian

Petani yang ada di Jabar bisa memperoleh keuntungan Rp 15 triliun dalam satu tahun.

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Pompanisasi (Ilustrasi)
Foto: Dok Dispangtan
Pompanisasi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA ---- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimistis program pompanisasi yang saat ini digulirkan bisa memperkuat perekonomian Provinsi Jawa Barat (Jabar). Bahkan, bisa menghasilkan pendapatan Rp 150 triliun dalam kurun 10 tahun lewat pertanian padi.

“Pompanisasi yang saat ini digulirkan bisa memperkuat perekonomian desa menjadi lebih kuat dan produktif. Berdasarkan hitung-hitungan kami, petani bahkan bisa memperoleh keuntungan Rp 15 triliun dalam satu tahun atau Rp 150 triliun dalam 10 tahun,” ujar Mentan Amran dalam Apel Pompanisasi di Bandung, Selasa (7/5/2024).

Baca Juga

Amran menjelaskan berdasarkan kalkulasi perhitungan yang dilakukan pihaknya, petani yang ada di daerah Jawa Barat bisa memperoleh keuntungan Rp15 triliun dalam satu tahun atau Rp 150 triliun dalam 10 tahun.

Potensi tersebut, kata dia, berdasarkan perhitungan dari satu pompa yang bisa melayani 50 sampai 100 hektare lahan sawah. Maka jika 10 ribu pompa yang digunakan maka bisa mengairi lahan persawahan hingga seluas 500 ribu hektare.