Jumat 10 May 2024 14:28 WIB

Respons Angkuh Netanyahu Usai Biden Ancam Setop Kirim Senjata Jika Israel Serang Rafah

Netanyahu menegaskan tetap akan menggelar invasi ke Rafah, Gaza selatan.

Red: Andri Saubani
Foto kombinasi ini menunjukkan Presiden Joe Biden, kiri, pada 8 Maret 2024, di Wallingford, Pa., dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Israel, 28 Oktober 2023.
Foto: AP
Foto kombinasi ini menunjukkan Presiden Joe Biden, kiri, pada 8 Maret 2024, di Wallingford, Pa., dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Tel Aviv, Israel, 28 Oktober 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Lintar Satria

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya dapat "berdiri sendiri." Hal ini ia sampaikan setelah Amerika Serikat (AS) memperingatkan akan menghentikan pengiriman senjata bila Netanyahu menggelar invasi skala penuh ke Rafah, Gaza.

Baca Juga

"Bila perlu, kami akan berdiri sendiri. Saya sudah katakan bila perlu kami akan berjuang sekuat tenaga," kata Netanyahu seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/5/2024).

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan ia akan menahan sejumlah pengiriman senjata termasuk peluru artileri bila Rafah diinvasi. AS suda menghentikan pengiriman bom karena khawatir digunakan terhadap warga sipil Gaza.

Namun Netanyahu menyinggung perang 1948 untuk mengabaikan peringatan AS, sekutu terdekat Israel. "Dalam perang kemerdekaan 76 tahun yang lalu, kami pihak sedikit melawan yang banyak, kami tidak membutuhkan senjata. Terdapat embargo senjata terhadap Israel, tapi dengan semangat yang kuat, heroisme dan persatuan, kami meraih kemenangan," katanya.

"Dan dengan kekuatan semangat, dengan bantuan Tuhan, bersama-sama kami akan meraih kemenangan," tambahnya.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan "musuh-musuh serta sahabat" Israel harus memahami negaranya "tidak dapat ditundukan. Kami akan berdiri tegu, kami akan meraih tujuan kami."

Pernyataan ini disampaikan beberapa jam setelah PBB mengatakan sejak Senin (6/5/2024) lebih dari 80 ribu orang mengungsi dari Rafah di tengah pengeboman tanpa henti dan tembakan-tembakan tank Israel. PBB juga memperingatkan makanan dan bahan bakar di kota yang menampung lebih dari satu juta orang itu sudah hampir habis karena tidak ada bantuan yang masuk.

Di awal serangannya ke Rafah, Israel merebut dan menutup perbatasan dengan Mesir. PBB mengatakan terlalu berbahaya bagi staf dan pasokan bantuan untuk melewati perbatasan Karem Shalom yang sudah dibuka kembali Israel.

Pasukan Israel mengatakan operasi militer itu “ditargetkan” terhadap elemen-elemen Hamas yang masih ada di kota tersebut. Namun, pemerintah Israel menolak untuk membuang kemungkinan invasi skala penuh, yang menyebabkan Biden memperingatkan ia tidak akan memasok amunisi. 

photo
Titik Masuk Serangan Israel ke Gaza - (Republika)

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّسْتَمِعُ اِلَيْكَ ۚوَجَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًا ۗوَاِنْ يَّرَوْا كُلَّ اٰيَةٍ لَّا يُؤْمِنُوْا بِهَا ۗحَتّٰٓى اِذَا جَاۤءُوْكَ يُجَادِلُوْنَكَ يَقُوْلُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَآ اِلَّآ اَسَاطِيْرُ الْاَوَّلِيْنَ
Dan di antara mereka ada yang mendengarkan bacaanmu (Muhammad), dan Kami telah menjadikan hati mereka tertutup (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan telinganya tersumbat. Dan kalaupun mereka melihat segala tanda (kebenaran), mereka tetap tidak mau beriman kepadanya. Sehingga apabila mereka datang kepadamu untuk membantahmu, orang-orang kafir itu berkata, “Ini (Al-Qur'an) tidak lain hanyalah dongengan orang-orang terdahulu.”

(QS. Al-An'am ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement