Ahad 19 May 2024 13:13 WIB

Gunung Semeru Belasan Kali Erupsi dalam Sehari, BPBD Lumajang: Itu Wajar

Salah satu erupsi Semeru disertai awan panas dengan jarak luncur tiga kilometer.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Gunung Semeru.
Foto: EPA-EFE/SUSANTO
(ILUSTRASI) Gunung Semeru.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG — Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) dilaporkan mengalami erupsi sampai 14 kali dalam sehari pada Sabtu (18/5/2024). Salah satu erupsi disertai awan panas dengan jarak luncur sampai sekitar tiga kilometer.

Erupsi pertama pada Sabtu dilaporkan terjadi pada pukul 05.06 WIB. Erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 milimeter dan durasi 128 detik. Kemudian terjadi lagi erupsi pada pukul 06.09 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak.

Baca Juga

Berikutnya erupsi tercatat pada pukul 07.19 WIB, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 500 meter di atas puncak atau 4.176 meter di atas permukaan laut (mdpl). Terjadi beberapa kali erupsi lainnya. Saat erupsi pada pukul 17.34 WIB, dilaporkan terpantau luncuran awan panas.

“Letusan disertai awan panas dengan jarak luncur tiga kilometer dari puncak ke arah tenggara,” kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Sigit Rian Alfian, dalam keterangan tertulisnya.

Sigit melaporkan, tinggi kolom letusan saat erupsi tersebut teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau 4.476 mdpl. “Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 milimeter dan durasi 176 detik,” ujar dia.

Erupsi ke-14 dilaporkan terjadi pada pukul 21.29 WIB, dengan tinggi kolom letusan teramati sekitar 400 meter di atas puncak. “Memang benar Gunung Semeru mengalami belasan kali erupsi pada Sabtu dan hal tersebut wajar karena statusnya pada Level III atau Siaga. Justru yang berbahaya kalau tidak erupsi setiap hari,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Yudi Cahyono, saat dihubungi, Ahad (19/5/2024).

Menurut Yudi, aktivitas warga tidak terganggu dengan erupsi yang terjadi beberapa hari terakhir ini. “Masyarakat sudah memahami karakter erupsi Gunung Semeru. Namun, kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap siaga apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi yang berdampak pada aktivitas warga,” kata dia.

Gunung Semeru hingga kini masih berstatus Siaga atau Level III. Dengan status tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apa pun di area sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak gunung (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi atau sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terdampak perluasan awan panas dan aliran lahar, hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Warga juga diminta tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Selain itu, masyarakat diminta mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang lembah atau aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat. Waspada juga akan potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai Besuk Kobokan.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

(QS. Al-Ma'idah ayat 2)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement