Ahad 19 May 2024 22:41 WIB

TNI AL Bersama Navy dan Marinir AS Latihan Pantai dan Hutan di Lampung

Indonesia dan AS memang ingin terus meningkatkan hubungan, khususnya di bidang militer.

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

TNI AL bersama US Navy dan USMC latihan pertahanan pantai.
TNI AL bersama US Navy dan USMC latihan pertahanan pantai.

PESAWARAN -- TNI Angkatan Laut (TNI AL) bersama United States (US) Navy dan United States Marine Corps (USMC) melaksanakan latihan pertahanan pantai Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2024 di Pantai Mahitam, Desa Ketapang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Sabtu (18/5/2024). Latma CARAT 2024 TNI AL, US Navy, dan USMC digelar rutin setiap tahunnya.

Manuver lapangan tersebut merupakan aplikasi dari perencanaan latihan yang disusun bersama untuk meningkatkan profesionalisme prajurit ke dua negara. Selain itu juga untuk membangun hubungan kerja sama di bidang militer.

Dansatgas Latma Carat 2024 Kolonel Laut (P) Ludfy menyampaikan, latihan bersama (latma) CARAT 2024 bertepatan dengan perayaan hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat (AS) ke-75 tahun. Kedua negara memang ingin terus meningkatkan hubungan, khususnya di bidang militer.

"Selain latihan taktik militer, juga dilakukan kegiatan sosial seperti renovasi sekolah, pemeriksaan kesehatan, bersih-bersih pantai, penanaman pohon, serta penampilan musik band gabungan Marinir kedua negara yang tampil di salah satu pusat perbelanjaan Bandar Lampung," ucap Ludfy.