Rabu 22 May 2024 12:57 WIB

5 Kesalahan Memilih Tangga Lipat untuk di Rumah

Fungsi utama tangga lipat adalah untuk menjangkau area tinggi di rumah.

Red: Gita Amanda
Tangga lipat memiliki banyak fungsi.
Foto: Dok istimewa
Tangga lipat memiliki banyak fungsi.

REPUBLIKA.CO.ID, Fungsi utama tangga lipat adalah untuk menjangkau area tinggi di rumah. Namun, model tangga lipat cukup beragam. Untuk itu, perlu menghindari beberapa kesalahan yang dilakukan dalam memilih tangga lipat buat di rumah. Apa saja itu?

1. Ukuran tangga terlalu pendek

Baca Juga

Kalau kamu memakai tangga yang lebih pendek dari jangkauan, tentu bisa berbahaya. Soalnya, kamu perlu berusaha dengan tubuh untuk mencapai tempat tinggi, seperti melompat dan jinjit. Hal ini akan membuat tangga jadi tidak stabil dan mudah goyah. Jadi, pastikan ketinggian tangga sesuai dengan jarak jangkau yang dibutuhkan. 

2. Tidak memperhatikan fungsinya

Setiap model tangga lipat punya kegunaannya masing-masing. Kalau kamu membutuhkan tangga untuk memperbaiki lampu, maka tangga lipat portable bisa jadi pilihan. Lain halnya kalau mau memperbaiki atap atau perawatan pohon, maka gunakan tangga teleskopik yang bisa dipanjangkan.

3. Tidak mengecek keamanannya

Pastikan juga tangga lipat punya fitur keamanan yang baik, seperti pijakan antislip dan ada pengunci tangga. Hal ini bertujuan supaya kamu pun lebih aman saat memakai tangga lipat. Selain itu, cek juga kestabilan tangga dan pastikan tetap kokoh saat digunakan. 

4. Tidak cek pijakan anak tangga 

Salah satu bagian penting dari tangga adalah pijakannya. Jika pijakan anak tangga tidak dilengkapi dengan antislip, maka risiko tergelincir atau terpeleset akan lebih besar, terutama saat digunakan dalam kondisi basah. Untuk itu, pijakan anak tangga perlu diperhatikan dengan baik. 

5. Tidak mempedulikan material

Memilih tangga lipat karena harganya murah tanpa memperhatikan material dan kualitas konstruksinya dapat menjadi kesalahan fatal. Apalagi, alat satu ini bisa digunakan dalam waktu lama. Jadi, pastikan tangga terbuat dari bahan yang kuat, berkualitas, dan tahan lama, seperti aluminum atau baja.

Nah, kamu bisa membeli berbagai model tangga lipat terbaik hanya di ruparupa. Di sini, kamu pun akan menemukan peralatan tangga lainnya dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, THYS, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement