Jumat 24 May 2024 09:12 WIB

Dukung UMKM Nasional, Kementerian BUMN Gelar Festival Jelajah Kuliner Nusantara

Festival akan digelar di dua kota, yakni Bandung dan Medan.

Red: Nora Azizah
Hidangan tradisional Indonesia (ilustrasi).
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Hidangan tradisional Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara berkolaborasi dengan BUMN menggelar 'Jelajah Kuliner Nusantara'. Berlokasi di dua kota besar di Indonesia, yakni Bandung, Jawa Barat pada 24-26 Mei 2024 dan Medan, Sumatera Utara pada 31 Mei-2 Juni 2024 mendatang. 

Acara JKN bertagline 'Petualangan Kulinermu Dimulai Dari Sini' ini akan menghadirkan keautentikan sajian kuliner khas Nusantara dan menciptakan pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi Masyarakat. Beberapa BUMN Group yang mendukung kegiatan ini adalah PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), PT Bukit Asam Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero).

Baca Juga

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM, Loto Srinaita Ginting mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari Kementerian BUMN yang ingin secara serius mendorong pelaku UMKM agar naik kelas. Melalui acara ini, para pelaku UMKM khususnya yang bergerak di bidang Food and Beverage dapat mempromosikan dagangannya, serta memberi pengalaman petualangan kuliner beragam khas Nusantara kepada masyarakat. 

“Melalui gerakan ini, Kementerian BUMN dan BUMN yang memiliki peran sebagai agent of development terus berupaya mendukunpengembangan UMKM melalui berbagai inisiatif maupun sinergi dengan instansi atau lembaga lainnya. Salah satu program yang diusung adalah kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan melalui Jelajah Kuliner Nusantara,” ujar Loto dalam keterangan pers, Jumat (24/5/2024).

Loto menjelaskan bahwa acara ini bertujuan untuk mendorong UMKM agar naik kelas dan menciptakan pertumbuhan ekonomi nasional. 'Jelajah Kuliner Nusantara' juga secara khusus berupaya untuk meningkatkan awareness dan minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM terutama UMKM Rumah BUMN maupun produk UMKM yang telah terdaftar di Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM).

Festival Jelajah Kuliner Nusantara yang berlangsung Saparua Park, Bandung, Jawa Barat pada 24-26 Mei 2024 akan menghadirkan beragam produk UMKM yang berasal dari UMKM binaan Rumah BUMN dan PaDi UMKM. 

Acara ini juga dimeriahkan penampilan musik oleh artis nasional Ghea Indrawari, Penampilan Memasak secara langsung dari Yulita Master Chef Indonesia Season 5, Kompetisi Barista, Pameran Cosplay, dan Talkshow Expert Talkdari Pengusaha Nasional Gufron Syarif CEO & Founder Haus Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti akun Instagram @jelajahkulinernusantara_bumn.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement