Jumat 24 May 2024 21:40 WIB

Lazismu Bangka Salurkan Puluhan Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Bantuan 60 paket sembako untuk membantu meringankan kebutuhan pangan keluarga.

Red: Gita Amanda
Lazismu Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan 60 paket sembako. (ilustrasi)
Foto: tangkapan layar filantropi indonesia
Lazismu Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan 60 paket sembako. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUNGAILIAT -- Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan 60 paket sembako untuk membantu meringankan kebutuhan pangan keluarga kurang mampu di sejumlah tempat di wilayah itu. 

"Puluhan paket sembako tersebut berisikan beras, minyak goreng, gula dan mi instan," kata Sekretaris Lazismu Kabupaten Bangka, Eko Budiyanto dalam keterangan, Jumat (24/5/2024).

Ia mengatakan, bantuan sosial penyaluran paket sembako yang saat ini difokuskan bagi masyarakat di Desa Pemali, Kelurahan Kenanga, dan Desa Riau Kecamatan Riau Silip merupakan program Amal Usaha Muhammadiyah (AUM). "Sebelumnya bantuan sosial program yang sama sudah disalurkan berupa uang insentif kepada guru-guru yang mengajar di lembaga sekolah Muhammadiyah," jelas dia.

Penyaluran bantuan paket sembako, menjadi agenda tahunan AUM Kabupaten Bangka selain bantuan sosial lain disesuaikan dengan kemampuan dana yang terhimpun.

Sementara salah satu unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bangka bidang Ekonomi, Sosial dan Lazismu, Adi Muslih mengatakan, program bantuan keluarga kurang mampu merupakan bentuk komitmen Muhammadiyah sebagai upaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mengapresiasi masyarakat yang telah menyisihkan sebagian rezeki untuk bersedekah dan mempercayakan Lazismu menyalurkan bantuan ke keluarga kurang mampu," kata Adi Muslih.

Ia mengatakan, sedekah merupakan amalan yang tidak terputus sampai akhirat kelak. "Saya sarankan jika ada warga kurang mampu dan membutuhkan bantuan dapat langsung menghubungi pengurus Lazismu yang beralamat di lingkungan Sribulan Sungailiat," ujarnya.

Menurutnya semua kegiatan sosial yang disalurkan oleh pengurus Muhammadiyah atau AUM, murni bakti kemanusiaan yang tidak ada kepentingan lain.

Kepala Pemali, Abdul Hazis Hasyim berterima kasih kepada Lazismu Bangka yang telah membantu warganya yang kurang mampu. "Alhamdulillah Muhammadiyah Bangka hadir di tengah-tengah masyarakat, saya berharap ke depan bantuan ini terus dilakukan secara rutin," harapnya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ
Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, “Itu adalah sesuatu yang kotor.” Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri.

(QS. Al-Baqarah ayat 222)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement