Selasa 04 Jun 2024 11:05 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Pusat Program Penghijauan IKN di Mentawir

Saya senang, setelah hampir 1,5 tahun persemaian Mentawir selesai pada hari ini.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas persemaian Mentawir, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).
Foto: Antara/Andi Firdaus
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas persemaian Mentawir, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas persemaian Mentawir, Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024), sebagai pusat program penghijauan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

"Saya senang, setelah hampir 1,5 tahun persemaian Mentawir selesai pada hari ini, dan dengan kapasitas 15 juta bibit ini akan bisa kita pakai untuk merehabilitasi hutan kembali," kata Jokowi saat berpidato dalam peresmian persemaian Mentawir diikuti dalam jaringan Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa.

Baca:  Menhan Prabowo Jenguk Jenderal Subagyo HS yang Sakit di Yogyakarta

Menurut Jokowi, fasilitas persemaian yang dilengkapi dengan pusat plasma nutfah berupa bio bank dan seed bank itu merupakan komponen utama yang telah dipersiapkan pemerintah sejak awal pembangunan IKN bergulir. Bibit yang tumbuh di fasilitas itu, kata dia, berguna untuk persemaian dalam rangka rehabilitasi hutan, melalui penanaman kembali pohon di sejumlah lokasi eks tambang.