Ahad 23 Jun 2024 18:50 WIB

Martinez Sebut Kunci Kemenangan Portugal Atas Turki adalah Permainan dengan Tempo Cepat

Martinez mengakui Turki sempat memulai laga dengan baik.

Red: Andri Saubani
Pemain Portugal Bruno Fernandes berlari merayakan gol kepada rekan setimnya Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, dan Bernardo Silva (dari kiri) setelah mencetak gol ketiga timnya ke gawang Turki dalam pertandingan Grup F Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Ahad (22/6/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Michael Probst
Pemain Portugal Bruno Fernandes berlari merayakan gol kepada rekan setimnya Cristiano Ronaldo, Joao Cancelo, dan Bernardo Silva (dari kiri) setelah mencetak gol ketiga timnya ke gawang Turki dalam pertandingan Grup F Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Ahad (22/6/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pelatih timnas Portugal Roberto Martínez mengatakan kunci kemenangan meyakinkan timnya dengan skor 3-0 atas Turki pada laga kedua Grup F Euro atau Piala Eropa 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Sabtu (22/6/2024) adalah permainan dengan tempo cepat. Martinez mengakui, bahwa Turki sempat memulai laga dengan baik.

Namun, Martinez melanjutkan, gol Bernardo Silva pada menit ke-21 yang memecah kebuntuan pada laga itu menurutnya membuat timnya kemudian dapat "mengendalikan permainan". Sebelum kemudian gol bunuh diri Samet Akaydin tujuh menit kemudian menutup keunggulan dua gol Os Navegadores pada babak pertama.

Baca Juga

Pada babak kedua, Portugal bermain semakin percaya diri dan gol Bruno Fernandes pada menit ke-56 menutup kemenangan yang mengantarkan mereka ke fase gugur dengan skor 3-0.

"Turki memulai dengan baik, tapi begitu kami mencetak gol, kami mengendalikan permainan. Turki memiliki bakat luar biasa tetapi kami menghentikan permainan mereka," kata Martinez, dikutip dari laman resmi UEFA, Ahad (23/6/2024).

"Tempo tinggi membuat kami bisa mengendalikannya, kami tetap menjaga fokus dan konsentrasi bertahan. Saya senang dengan clean sheet ini," tambahnya.

Salah satu pencetak gol Bernardo Silva mengaku sangat senang dengan tiga poin melawan Turki yang membawa negara ke fase gugur Euro. Namun, pemain Manchester City itu mengatakan bahwa "ini hanyalah langkah pertama" negaranya untuk mengulangi kesuksesan seperti di Euro 2016.

"Saya sangat senang dengan tiga poin dan menjadi tim ketiga yang lolos. Kami selangkah lebih dekat dengan tujuan kami untuk memenangkan kompetisi, tapi ini hanyalah langkah pertama," kata Bernardo.

Sementara itu, pelatih Turki Vincenzo Montella mengatakan timnya sempat bermain baik pada 20 menit pertama sebelum kemudian dihukum ganasnya skuad Portugal yang menurutnya "salah satu tim terbaik di Eropa".

"Gol kedua, hal ini terjadi dalam sepak bola. Saya pikir Portugal adalah salah satu tim terbaik di Eropa, dan hari ini mereka membuktikannya itu. Kadang-kadang kami kurang memiliki keberanian tetapi itu terjadi pada pemain yang tidak berpengalaman di tahap final," kata Montella.

Portugal yang sudah memastikan satu kaki di babak 16 besar akan menutup babak fase grup melawan debutan Georgia pada Kamis (27/6/2024) pukul 02.00 WIB di Veltins-Arena, Gelsenkirchen. Untuk Turki yang kini menghuni posisi kedua klasemen sementara akan melakoni laga pamungkas melawan Ceko pada waktu yang sama di Volksparkstadion, Hamburg.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement