Kamis 27 Jun 2024 17:23 WIB

Erick Akui Hasil Undian Timnas Berat: Tapi Bola Itu Bundar, Jangan Kasih Kendor

Erick meminta timnas Indonesia meniru semangat Austria dan Georgia di Piala Eropa.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.
Foto: Dok. Republika
Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi lawan-lawan tangguh pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam drawing yang digelar di AFC Headquarter di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024) sore, timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengakui Indonesia berada di grup berat. Namun ia menegaskan, timnas Indonesia siap memberikan kemampuan terbaiknya dalam lima laga kandang dan lima tandang ini.

Baca Juga

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan. Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat," ujar Erick Thohir di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Oleh sebab itu, Erick secara khusus meminta kepada para pemain timnas untuk mempersiapkan diri sejak undian ini diumumkan. Menurut Erick, ini alasan PSSI berkoordinasi dengan PT Liga Indonesia Baru untuk mengatur jadwal Liga hingga tiga tahun ke depan agar agenda persiapan timnas dan pemainnya ke kualifikasi Piala Dunia bisa berjalan dengan baik.

Erick juga meminta para pemilik klub untuk memberikan dukungan kepada pemain timnas yang ada di klubnya agar memberikan jam bermain lebih banyak. Ini agar ketajaman, kematangan, dan skill pemain tersebut meningkat selama berkompetisi dan berujung pada peningkatan performa ketika membela timnas.

"Artinya, PSSI dan Liga sudah memberikan fleksibilitas ke klub dalam hal boleh mengontrak delapan pemain asing, dengan enam bisa bermain dan dua cadangan. Kebijakan itu jangan langsung mematikan jam bermain para pemain timnas di klub tersebut. Pemain berstatus timnas tetap harus dapat prioritas karena ujungnya meningkatkan kualitas skuad timnas," jelasnya.

Oleh sebab itu lanjut Erick, PSSI akan menyusun persiapan terbaik. Salah satunya akan memanggil pemain terbaik yang bangga membela Indonesia di kancah internasional.

"Saya harap empat hari sebelum pertandingan kualifikasi para pemain sudah bergabung sehingga pelatih dan pemain punya waktu lebih banyak dalam mempersiapkan tim. Jadi tidak ada alasan lagi. Kita ingin yang terbaik untuk kesempatan emas ini," tegas Erick.

Erick tak lupa meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia, agar timnas Indonesia dapat menunjukkan penampilan terbaiknya dan terus menorehkan prestasi hingga lolos ke Piala Dunia.

Berikut hasil lengkap undian babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang menggunakan format home and away.

Grup C

1. Jepang

2. Australia

3. Arab Saudi

4. Bahrain

5. China

6. Indonesia

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement