Sabtu 29 Jun 2024 07:24 WIB

Sebelum Borong Ekskavator, Haji Isam Dikenal Sudah Jadi Sultan dengan Jet Pribadi

Haji Isam dikenal publik sebagai sosok sultan.

Red: A.Syalaby Ichsan
Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhidin bersama Hasnuryadi Sulaiman saat bersilaturahim dengan Haji Isam, Selasa (23/4/2024).
Foto: dok pribadi
Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhidin bersama Hasnuryadi Sulaiman saat bersilaturahim dengan Haji Isam, Selasa (23/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam baru saja mencetak rekor setelah perusahaannya Jhonlin Group, membeli 2.000 unit ekskavator dari produsen alat berat Cina, Sany Group. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tersebut dilakukan oleh Haji Isam di Shanghai, China, pada Rabu (26/6/2024)

Jumlah pemesanan tersebut menjadi rekor terbesar di dunia untuk sebuah pemesanan ekskavator. Ribuan ekskavator itu akan digunakan untuk mendukung proyek pertanian di Indonesia. Pasalnya, Jhonlin Group akan terus mengembangkan proyek pertanian yang dikembangkan pemerintah Indonesia.

Baca Juga

Sebelum memborong ekskavator, nama Haji Isam telah dikenal publik sebagai sosok "sultan" dengan penampilan yang sederhana di berbagai kesempatan. Salah satu akun media sosial X (sebelumnya disebut Twitter) membagikan momen lama Haji Isam saat membeli jet bisnis di Inggris. 

"Dikenal sebagai pengusaha kaya-raya, namun penampilan Haji Isam tetap membumi dan tampil sederhana. Haji Isam mendadak menjadi sorotan setelah ia membeli jet ke Inggris dengan hanya mengenakan kaus oblong," tulis akun @kegblgnunfaedh, Selasa (27/2/2024).