Jumat 12 Jul 2024 18:24 WIB

Hasil Undian Ganda Bulu Tangkis di Olimpiade Paris Cukup Berat, Ini Komentar Pelatih

BWF sudah mengumumkan hasil undian grup empat nomor pertandingan Olimpiade Paris.

Red: Israr Itah
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Apriyani Rahayu.
Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Apriyani Rahayu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi mengumumkan hasil undian grup untuk empat nomor yang akan dipertandingkan di Olimpiade Paris 2024 pada Jumat (12/7/2024). Pada siaran langsung yang disiarkan di akun media sosial resmi BWF, wakil Indonesia satu-satunya di nomor ganda campuran yakni Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tergabung dalam Grup A.

Grup A ini dihuni oleh unggulan pertama asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong, pasangan Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun, dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Baca Juga

"Tidak ada grup yang mudah, tapi tapi saya rasa semua punya kans yang sama untuk bisa lolos dari grup," kata Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI dalam keterangan resmi pada Jumat.

Beralih ke sektor ganda putri, wakil Indonesia satu-satunya pada nomor ini yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga berada di Grup A bersama unggulan pertama asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Grup A ini juga dihuni oleh pasangan Jepang Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara dan wakil Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan.

Pelatih ganda putri Eng Hian menegaskan, Fadia/Apri harus lebih siap secara teknik, fisik, dan mental bertarung di grup ini. Ia merujuk pada rekor pertemuan terakhir dengan pasangan China dan Malaysia tersebut kurang baik. Sementara dengan pasangan Jepang, walaupun pertemuan terakhir menang, tapi pertandingan berjalan cukup alot.

"Saya berharap Fadia/Apri dapat lebih fokus mempersiapkan diri pertandingan per pertandingan. Mengenai hasil, itu nanti kita lihat di lapangan," kata Eng Hian.

Undian babak grup bulu tangkis Olimpiade Paris 2024 untuk sektor ganda putra ditunda menyusul hasil sidang Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) yang mengabulkan permohononan tuan rumah untuk mengizinkan dua wakilnya berlaga pada nomor tersebut. Untuk sektor ini, Indonesia diwakili oleh satu pasangan yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Fajar/Rian harus bersabar menanti lawan mereka.

Sebelumnya, CAS memberikan rekomendasi agar Ronan Labar/Lucas Corvee mendapat pengecualian dan bisa ikut di Olimpiade Paris 2024. Hal itu membuat nomor ganda putra diikuti oleh 17 pasangan. Prancis diwakili juga oleh Christo Popov/Toma Junior Popov, terlepas dari keduanya yang berada di luar peringkat 30 besar.

Pada nomor tunggal putri, pemain andalan Indonesia sekaligus unggulan ketujuh Gregoria Mariska Tunjung berada di Grup G bersama tunggal putri Ukraina Polina Buhrova dan wakil Ceko Tereza Svabikova.

Selanjutnya pada nomor tunggal putra, unggulan ketiga Jonatan Christie masuk di Grup L bersama dengan Lakshya Sen (India), Kevin Cordon (Guatemala), dan Julien Carraggi (Belgia). Sementara unggulan kesembilan Anthony Sinisuka Ginting menghuni Grup H bersama Toma Junior Popov (Prancis) dan Howard Shu (Amerika Serikat).

 Hasil undian di halaman selanjutnya...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement