Senin 15 Jul 2024 11:01 WIB

Sholat Isyraq: Apa dan Bagaimana?

Berikut ini adalah tata cara Sholat isyraq.

Red: Erdy Nasrul
Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

Oleh : KH. Abu Hasan Mubarok, S.SI. M.Pd*

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merupakan salah satu kebiasaan Rasulullah saw bersama para sahabatnya adalah duduk-duduk di masjid setelah sholat subuh selesai ditunaikan. Ibnu Syahin menyebtukan dalam targhib fi fadhail a’maal dari Imam Nafi’ dari Abdullah bin Umar bahwa beliau menyukai duduk-duduk setelah sholat subuh sampai matahari terbit. dan ketika ditanyakan kepadanya, mengapa melakukan hal demikian, maka beliau menjawab, “saya menginginkan sunnah”.

Dan rupanya, ini pula yang dilakukan oleh masyarakat Islam di banyak masjid dan mushola sesudah sholat subuh berjamaah. Mereka duduk-duduk dan saling bertukar pikiran tentang berbagai permasalahan. Setelah itu, ada yang melaksanakan sholat sunah duha, adapula yang sholat sunah isyraq, dan adapula yang meninggalkan masjid atau pulang ke rumah langsung.

Baca Juga

Hal demikian, dalam beberapa diskusi para ulama juga ada beberapa pendapat dan pandangan. Di antara pandangannya adalah:

ada kesunahan sholat sunah sesudah itu, baik itu yang berpendapat isyraq maupun sholat sunah duha ada yang berpendapat tidak ada sholat sunnah setelah duduk-duduk tersebut.