Senin 15 Jul 2024 16:57 WIB

Mahasiswa Unej Rancang Media Pembelajaran Literasi Sains Alquran

Alquran selalu menarik untuk dipelajari.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi ngaji Alquran.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi ngaji Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Empat mahasiswa Universitas Jember (Unej) merancang media pembelajaran literasi sains Al Quran dengan menciptakan terobosan baru dalam dunia pendidikan yakni membuat media pembelajaran digital augmented reality untuk meningkatkan wawasan fisika dipadukan dengan Alquran.

"Kebanyakan implementasi dalam teknologi pembelajaran berfokus pada sains saja, akan tetapi masih sedikit media pembelajaran yang dikaitkan dengan Alquran," kata Ketua Tim Quranic Sains Media Augmented Reality (QSMART) Jalis Syarifah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Senin.

Baca Juga

Jalis bersama ketiga rekannya Halimatus Sa’diyah (Pendidikan Fisika), Mohammad Kelvin Rizka Aziizi (Pendidikan Fisika), dan Mochammad Athar Humam Ghazanfar (Teknologi Informasi) menjelaskan mengenai urgensi dari pembuatan media digital augmented reality tersebut karena banyaknya media pembelajaran hanya berfokus pada pembelajaran sains saja.

"Kami termotivasi menciptakan media digital augmented reality untuk meningkatkan keimanan dan moralitas siswa sebagaimana Alquran menjadi pedoman hidup," tuturnya.