Sabtu 20 Jul 2024 19:10 WIB

Resmi, Irman Gusman jadi Anggota DPD dengan Biaya Termahal

Kesalahan KPU membuat negara keluarkan lebih dari Rp.360 miliar untuk PSU Pemilu DPD.

Red: Joko Sadewo
Mantan Ketua DPD Irman Gusman kembali melenggang ke DPD RI.
Foto: Republika/Febryan A
Mantan Ketua DPD Irman Gusman kembali melenggang ke DPD RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Politikus senior, yang juga mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, secara resmi melenggang lagi ke kursi Senayan, Jakarta. Berdasar hasil akhir rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Irman Gusman masuk dalam empat besar calon DPD RI dengan suara terbanyak.

Dalam pengumuman resmi yang disampaikan Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, Sabtu (20/7/2024), disebutkan empat nama yang memperoleh suara terbanyak di Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu DPD Sumbar.  Mereka adalah Cerint Iraloza Tasya dengan  jumlah suara sebanyak 283.020 suara, disusul Muslim M Yatim (199.919 suara), Jelita Donal (187.765 suara), dan Irman Gusman (176.987  suara).

“Dengan catatan jumlah suara sah sebanyak 1.439.145 dan suara tidak sah berjumlah 21.913 suara,” kata Surya, Sabtu (20/7/2024).

Menurut Surya, KPU melaksanakan finalisasi hasil rekapitulasi untuk dilaksanakan penetapan hasil dari PSU DPD RI setelah sebelumnya dilakukan pencermatan oleh saksi dan penandatangan berita acara. "Selama pelaksanaan proses rekapitulasi suara tingkat provinsi tidak ada kendala yang terjadi. Keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari berjalan berjalan lancar, kondusif dan menghasilkan data yang akurat," ungkap Surya.