Senin 22 Jul 2024 21:10 WIB

BEI: Pencapaian SDG Butuh Kolaborasi Pelaku Bisnis dan Regulator

Di BEI, ESG terbukti berkorelasi terhadap return yang lebih tinggi.

Rep: Lintar Satria/ Red: Indira Rezkisari
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman mengatakan untuk mencapai SDG perlu implementasi bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan praktik ESG.
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman mengatakan untuk mencapai SDG perlu implementasi bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan praktik ESG.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) atau IDX, Iman Rachman, mencatat berdasarkan laporan Program Pembangunan Berkelanjutan (SDG) PBB tahun 2023, kemajuan Indonesia dalam mencapai tujuan SDG mengalami peningkatan meski masih menghadapi berbagai tantangan. Ia mengatakan skor SDG Indonesia meraih skor 70,16 dalam skala 100.

Jumlah itu naik dari skor 69,16 tahun sebelumnya. Saat ini Indonesia berada di posisi 75 dari 166 negara yang dinilai.

Baca Juga

"Oleh karena itu untuk mendorong pencapaian SDG dibutuhkan kolaborasi yang baik dari kalangan pelaku bisnis dan juga regulator," katanya diskusi bertajuk "Strengthening Environmental, Social, and Governance (ESG) Implementation in Indonesia's Business Sector" yang diselenggarakan Katadata dan BEI, Selasa (22/7/2024).

Iman mengatakan regulator berperan membantu menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Ia mencontohkan kewajiban perusahaan tercatat di lantai bursa wajib mengajukan Laporan Berkelanjutan. Iman mengatakan saat ini setidaknya 90 persen perusahaan yang tercatat sudah mengajukan Laporan Berkelanjutan.