Rabu 24 Jul 2024 15:14 WIB

Ini Profil Maharani, Judoka Pembawa Bendera Merah-Putih di Pembukaan Olimpiade Paris

Upacara pembukaan Olimpiade Paris akan berlangsung di Sungai Seine.

Red: Israr Itah
Judoka Maryam March Maharani akan menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam defile Tim Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.
Foto: dok ijf.org
Judoka Maryam March Maharani akan menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam defile Tim Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Judoka Maryam March Maharani akan menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam defile Tim Indonesia pada upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024, Jumat (26/7/2024). Dipilihnya Rani, sapaannya, bukan tanpa sebab. Rani dianggap mengembalikan kejayaan judo setelah judoka Indonesia terakhir berpartisipasi di Olimpiade 2012 London.

Di belakang Rani ada Rifda Irfanaluthfi yang merupakan atlet senam pertama Indonesia dalam sejarah yang lolos ke Olimpiade. Selanjutnya ada Bernard yang menjadi atlet balap sepeda pertama sekaligus satu-satunya di Asia Tenggara yang lolos ke Olimpiade dari nomor track omnium.

Baca Juga

Ketua KOI/NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan, komposisi ini sudah diatur oleh Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie supaya menjadi momentum bersejarah buat Tim Indonesia di Olimpiade kali ini.

“Tiga orang di depan semoga bisa berimbas pada capaian tiga medali emas buat Indonesia. Ucapan itu doa dan doa baik harus diiringi dukungan dari semua pihak,” kata Okto, sapaannya.

Opening Ceremony kali ini berbeda dibandingkan pembukaan Olimpiade yang pernah digelar sebelumnya karena akan berlangsung di luar stadion atau venue. Upacara pembukaan akan berlangsung di atas kapal yang melintasi aliran Sungai Seine di Paris, Prancis.

Sebanyak 15 orang perwakilan Tim Indonesia akan berbagi kapal dengan atlet dan ofisial kontingen India.

Anindya Bakrie menambahkan, keputusan untuk menjadikan Rani sebagai flag bearer atau pembawa bendera sudah dilakukan sejak tiga pekan lalu. Selain Rani, Bernard, dan Rifda, ada juga atlet renang Azzahra Permatahani dan Joe Aditya serta tim ofisial lain dengan total 15 orang yang ikut serta di defile tim Indonesia pada opening ceremony Olimpiade Paris 2024.

“Untuk opening ceremony Tim Indonesia ada 15 orang dengan kostum defile yang masih menjadi kejutan. Pesona Rani tidak akan kalah dengan LeBron James, yang jadi pembawa bendera Amerika,” ujar Anin.

Siapa Maharani

Rani berhasil lolos Olimpiade Paris 2024 melalui jalur kontinental Asia dalam nomor -52 kilogram putri. Rani memperbesar peluang lolos ke Olimpiade Paris melalui penampilannya dalam Warsaw European Open 2024.

 

Ia meraih...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement