Rabu 31 Jul 2024 16:00 WIB

Pengamat Bulu Tangkis Nilai Kapasitas Rinov/Pitha Saat ini Sulit Bersaing di Olimpiade

Daryadi menyebut ganda campuran dunia saat ini dikuasai China.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dalam latihan di Chambly, Prancis.
Foto: dok PBSI
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dalam latihan di Chambly, Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu-satunya pasangan ganda campuran Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris 2024, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal melaju ke babak perempat final ajang multi event terbesar di dunia ini.

Pasangan yang baru dipastikan lolos ke Olimpiade pada injury time ini gagal bersaing di Grup C. Walau pada laga pertama di luar dugaan menang atas wakil Korea Selatan Kim Won-ho Jeong Na-eun 22-20, 14-21 dan 21-19, tapi, dalam dua pertandingan selanjutnya kalah dari pasangan China Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan wakil tuan rumah Thom Gicquel/Delphine Delrue. Ini membuat Rinov/Pitha menempati juru kunci grup.

Baca Juga

Ini pencapaian terburuk sektor ganda campuran di pentas Olimpiade. Sejak didipertandingkan pada Olimpiade 1996, sektor ini sudah menyumbang satu emas dan dua perak. Dan wakil Indonesia selalu dapat lolos dari persaingan grup.

Pengamat bulu tangkis Daryadi tak kaget dengan hasil yang diraih sektor ganda campuran yang gagal lolos perempat final. Sebab, persaingan ganda campuran dunia saat ini begitu sengit dan Rinov/Pitha belum di level sepadan dengan para jagoan saat ini.