Kamis 01 Aug 2024 08:37 WIB

Puluhan Tahun Bunuh Tokoh Palestina, Israel tak Pernah Bisa Hentikan Perlawanan

Israel sudah pernah membunuh pimpinan semua faksi perlawanan di Palestina.

Red: Fitriyan Zamzami
Ghassan Kanafani (1936-1972). Penulis revolusioner anngota Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) itu adalah salah satu korban pertama pembunuhan politik Israel.
Foto: palestine-studies.org
Ghassan Kanafani (1936-1972). Penulis revolusioner anngota Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) itu adalah salah satu korban pertama pembunuhan politik Israel.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Ada adagium terkenal di Barat bahwa yang namanya kegilaan adalah melakukan hal sia-sia berulang kali mengharapkan hasil yang berbeda. Itulah sekiranya yang dilakukan Israel, berulang kali membunuh tokoh pejuang dan pimpinan Palestina namun tak kunjung bisa memadamkan perlawanan.

Pembunuhan terhadap kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh hanya yang terkini dari rangkaian panjang pembunuhan Israel terhadap tokoh bangsa Palestina. Seluruh faksi perjuangan di Palestina telah menyumbang syuhada dalam pembunuhan politik oleh Israel tersebut. Tak satupun pembunuhan itu berhasil mengerdilkan perjuangan kemerdekaan Palestina.

Baca Juga

Pembunuhan terhadap tokoh perjuangan Palestina sudah mengakar lama, jauh sebelum negara Zionis berdiri. Pada 1935, Izzuddin al-Qassam, seorang ulama Palestina, dibunuh penjajah Inggris karena memimpin perlawanan terhadap kolonial dan rencana pembentukan negara Israel. Kematiannya justru memicu Revolusi Besar Arab sepanjang 1936-1939 yang kemudian coba ditumpas dengan brutal oleh Inggris.

Aljazirah mencatatkan, pada Juli 1972, Israel membunuh Ghassan Kanafani di Beirut, Lebanon. Kanafani, seorang penulis dan penyair Palestina terkemuka, adalah juru bicara Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP). Dia dibunuh di Beirut bersama keponakannya yang berusia 17 tahun. 

Sebuah granat telah dihubungkan ke kunci kontak mobilnya. Dengan menyalakan mobil, ia menyalakan bom plastik yang ditanam di belakang bemper. Israel mengatakan pembunuhannya merupakan respons terhadap penembakan massal di Bandara Lod pada 1972. Namun beberapa analis yakin pembunuhan itu sudah direncanakan jauh sebelumnya.

Pada Oktober 1972, Abdel Wael Zwaiter dibunuh di Roma, Italia. Ia adalah seorang penerjemah Palestina dan perwakilan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) di Roma. Israel menuduhnya sebagai komandan kelompok bersenjata Black September yang menyerang tim Israel di Olimpiade Munich 1972. Para pendukungnya mengatakan dia adalah seorang intelektual yang tidak memiliki hubungan konklusif dengan kelompok tersebut. Zwaiter ditembak mati oleh agen di lobi gedung apartemennya.

Sedangkan Mohammed Boudia dibunuh pada Juni 1973 di Paris, Prancis. Boudia, seorang penyair dan penulis drama Aljazair, adalah anggota senior Front Populer untuk Pembebasan Palestina, yang juga berjuang untuk pembebasan Aljazair. Dia dibunuh oleh bom mobil yang ditempatkan di bawah jok mobilnya oleh agen Mossad menyusul serangan kelompok bersenjata Black September di Olimpiade Munich 1972.

Ali Hassan Salamah dibunuh pada Januari 1979 di Beirut, Lebanon. Salameh mendirikan kelompok bersenjata Black September yang menyerang tim Israel di Olimpiade Munich 1972, menewaskan 11 atlet Israel dan satu petugas polisi Jerman. Lima penyerang juga gugur. 

Mata-mata Mossad telah mendaftar di gym Salameh untuk berteman dengannya beberapa minggu sebelum pembunuhannya. Seorang agen Inggris-Israel menyewa sebuah apartemen dekat rumah Salameh untuk memantau pergerakannya. Dia diledakkan di dalam mobilnya ketika melewati sebuah jebakan Volkswagen yang diparkir di Beirut.

photo
Izzuddin al-Qassam. Ulama Palestina ini adalah pemimpin perjuangan pertama yang syahid pada 1935. - (wikimedia commons)

Kemudian pada April 1988, Israel membunuh Abu Jihad di Tunis, Tunisia. Bernama asli Khalil al-Wazir, ia adalah tokoh penting dalam PLO – ia membantu mendirikan Fatah pada akhir 1950-an. Selama bertahun-tahun, ia menjabat sebagai wakil Ketua PLO Yasser Arafat. 

Dia ditembak mati oleh agen Israel dalam serangan komando pada tahun 1988. Israel menyangkal tanggung jawab selama hampir 25 tahun hingga tahun 2012, ketika sebuah surat kabar Israel menerbitkan wawancara dengan tentara Israel Nahum Lev, yang membunuh Abu Jihad, yang akhirnya mengungkapkan kebenaran.

Imad Akel dibunuh pada November 1993, di Shujaiya, Jalur Gaza. Akel adalah komandan Brigade Qassam, di mana dia menjabat sebagai mentor komandan saat ini Mohammed Deif. 

Dia dijuluki “Hantu” karena penyamarannya untuk melancarkan penyergapan terhadap pasukan Israel. Pada November 1993, Akel bersembunyi di rumahnya di Shujaiya, yang saat itu sedang dikepung. Setelah beberapa jam, dia mencoba melarikan diri dan ditembak oleh pasukan khusus Israel.

photo
Syekh Ahmad Yassin. - (AP)

Salah satu pembunuhan yang juga mengemuka adalah terhadap Syekh Ahmad Yassin pada Maret 2004 di Kota Gaza, Jalur Gaza. Syekh Yassin dianggap sebagai pemimpin spiritual Hamas. Yassin, seorang penderita lumpuh dan hampir buta, bergantung pada kursi roda karena kecelakaan olahraga ketika ia berusia 16 tahun. Dia terbunuh dalam serangan rudal helikopter Israel saat dia didorong keluar dari shalat subuh di luar masjid Kota Gaza.

Abdel Aziz al-Rantisi  dibunuh pada April 2004, di Kota Gaza, Jalur Gaza. Al-Rantisi adalah salah satu dari tujuh pendiri gerakan Hamas, termasuk Sheikh Ahmed Yassin, pada hari-hari awal Intifada pertama. Dia ditunjuk sebagai pemimpin baru Hamas setelah pembunuhan Yassin.

Dia terbunuh oleh serangan rudal helikopter Israel di Kota Gaza, kurang dari sebulan setelah pembunuhan Yassin. Angkatan Udara Israel telah menembakkan rudal Hellfire dari helikopter Apache AH-64 ke mobilnya.

photo
Warga Palestina berjalan melewati bagian tembok pemisah Israel dengan grafiti yang menggambarkan mendiang Yasser Arafat, di pos pemeriksaan tentara Israel Qalandia, antara kota Ramallah di Tepi Barat dan Yerusalem, Jumat, 2 Juni 2017. - (AP Photo/Nasser Nasser)

Pada Desember 2004, tokoh utama perjuangan Palestina, pendiri dan pemimpin PLO Yasser Arafat, secara tiba-tiba sakit dan meninggal saat dirawat di Paris, Prancis. Secara resmi, ia disebut meninggal akibat sebab-sebab alamiah, namun berbagai investigasi yang dilakukan kemudian mengindikasikan ia meninggal karena diracun.

Sedangkan Mahmoud al-Majzoub dibunuh pada Mei 2006 di Sidon, Lebanon. Al-Majzoub adalah pemimpin senior kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ) dan sekutu dekat kelompok Hizbullah Lebanon. Dia dibunuh di kota Sidon, Lebanon, ketika sebuah bom mobil yang menempel di pintu mobilnya meledak saat dia membukanya. Israel membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun baik PIJ maupun Hizbullah menyalahkan serangan tersebut.

Pada Januari 2024, Israel membunuh Saleh al-Arouri di Beirut, Lebanon. Al-Arouri, adalah wakil kepala biro politik Hamas dan salah satu pendiri sayap bersenjata kelompok tersebut, Brigade al-Qassam. Dia dibunuh dalam serangan pesawat tak berawak di pinggiran kota Beirut. Dia tinggal di pengasingan di Lebanon setelah menghabiskan 15 tahun di penjara Israel. Sebelum perang dimulai pada 7 Oktober, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sempat mengancam akan membunuhnya. 

Faksi-faksi perlawanan Palestina berjanji tak akan mengendurkan perjuangan... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement