Jumat 02 Aug 2024 09:55 WIB

LPMQ Gelar Seremonial Penutupan PKL Mahasiswa UIN MMI Malang dan PTIQ

Kegiatan PKL berlangsung selama 1 bulan

Rep: Rumah Berkah/ Red: Partner
.
Foto: network /Rumah Berkah
.

SAJADA.ID--Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) menggelar seremonial penutupan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa dari Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim (MMI), Malang dan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ), Jakarta. Seperti dikutip dari website LPMQ Kemenag, kegiatan PKL ini berlangsung selama 1 bulan, yang diikuti oleh 11 orang mahasiswa dari UIN MMI Malang, prodi Ilmu Al-Qur’an dan dan 4 orang mahasiswa dari PTIQ, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK).

Menurut Dr. Abdul Hakim Syukri, M, Fil, dalam sambutan pelepasan, kegiatan PKL di LPMQ dilaksanakan selama 1 bulan, dari tanggal 1-31 Juli 2024. Selama di LPMQ para mahasiswa dibekali berbagai bidang keilmuan Al-Qur'an sekaligus praktik langsung di lapangan, khususnya terkait penanganan manuskrip, seperti praktik telaah kodikologi dan tekstologi mushaf, penerapan ulumul qur’an dalam kajian manuskrip Al-Qur’an, dan lain-lain.

“Selain penanganan manuskrip, peserta PKL juga memperoleh materi-materi kajian Al-Qur'an yang menjadi produk khas LPMQ seperti perkembangan terjemahan Al-Qur'an dan tafsir Al-Qur’an, mushaf Al-Qur’an braille, mushaf isyarat dan lainnya,” terang Hakim, Fungsional Pentashih Al-Qur'an LPMQ yang bertugas sebagai dosen pembimbing lapangan mahasiswa PKL.

Sementara itu, Dr. Zainal Arifin Madzkur, MA, sebagai perwakilan dari LPMQ yang menutup kegiatan berpesan, agar mahasiswa PKL menyebarkan pengetahuan yang mereka peroleh selama di LPMQ kepada rekan-rekan mahasiswa lainnya. Menurut pakar ilmu rasm tersebut, materi kajian Al-Qur'an di LPMQ tidak sekedar teori, namun berorientasi pada praktik yang menghasilkan produk. Karenanya, Zaenal berharap sepulang dari PKL semua mahasiswa sudah siap mengajukan judul proposal skripsinya kepada dosen pembimbing.