Senin 05 Aug 2024 12:58 WIB

Usai Latihan di Darwin, Enam Pilot F-16 TNI AU Transit di Lanud El Tari

Menurut Pangkoopsud II, Pitch Black 2024 adalah latihan udara skala besar yang diikuti 20 negara, yang disponsori Australia.

Rep: Erik PP/ Red: Partner
.
Foto: network /Erik PP
.

Pilot peserta Pitch Black 2024 di Darwin, Australia, transit di Lanud El Tari, Kupang, NTT. Sumber:
Pilot peserta Pitch Black 2024 di Darwin, Australia, transit di Lanud El Tari, Kupang, NTT. Sumber:

KUPANG -- Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda Budhi Achmadi didampingi Komandan Lanud El Tari Marsma Djoko Hadiupurwanto menyambut kedatangan para peserta latihan bersama Pitch Black 2024 di Apron Lanud El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (3/8/2024).

Kedatangan enam pesawat tempur F-16 Fighting Falcon di Lanud El Tari dalam misi kembali ke home base di Lanud Iswahyudi Madiun. Mereka mampir ke Lanud El Tari, setelah selesai melaksanakan latihan bersama Pitch Black 2024 di Darwin, Australia.

Marsda Budhi menjelaskan, kedatangan pesawat F-16 TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi adalah dalam rangka latihan Pitch Black 2024. "Latihan ini adalah latihan udara skala besar yang diikuti oleh 20 negara yang disponsori oleh Australia," ujarnya di Lanud El Tari.

Hadir saat penyambutan peserta laihan bersama Pitch Black 2024, Danlantamal VII Kupang Laksma I Putu Darjatna, DPD RI Perwakilan NTT Abraham Liyanto, dan para Forkopimda Kota Kupang, serta kepala dinas Lanud El Tari. Menurut Budhi, latihan bersama dengan berbagai negara itu bisa meningkatkan kemampuan pilot dalam menghadapi situasi tertentu.