Rabu 07 Aug 2024 11:09 WIB

Bambang Pacul Yakin Pilgub Jateng Bakal Ketat, PDIP Berpeluang Usung Andika Perkasa

PDIP masih terus menggodok nama Andika Perkasa dalam Pilgub Jawa Tengah.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024).
Foto: Tangkapan Layar
Mantan panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa berbaju PDIP dalam Rakernas V PDIP, di Beach City International Stadium, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, mengatakan mantan panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa kemungkinan akan diusung partainya di pemilihan gubernur (pilgub) Jateng. Saat ini DPP PDIP masih terus membahas dan mendiskusikan hal tersebut. 

"Untuk pilgub Jawa Tengah, sudah ada komunikasi dan diskusi di tingkat DPP. PDIP kemungkinan akan mengusung Pak Andika Perkasa," kata Bambang Pacul saat ditemui awak media di Pekalongan, Selasa (6/8/2024) malam.

 

Kendati demikian, dia menambahkan bahwa belum ada keputusan final tentang pengusungan Andika Perkasa di pilgub Jateng. "Ini belum putus ya, jadi kita tunggu saja. Masih ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum keputusan final diambil," ucapnya.

 

Ketika ditanya tentang apakah ada pembahasan tentang siapa figur yang akan dipasangkan dengan Andika, Pacul menyebut belum ada diskusi demikian. "Yang jelas, penetapannya tentu adalah hak dan kebijakan ketua umum," ujarnya.

 

Pacul mengungkapkan, proses seleksi calon wakil gubernur akan melibatkan pertimbangan dari berbagai pihak di internal partai. "Kami akan melihat banyak aspek sebelum menentukan siapa yang akan mendampingi Pak Andika. Yang pasti, kami ingin pasangan calon yang terbaik untuk Jawa Tengah," katanya.

 

Menurut Pacul, kontestasi di pilgub Jateng nanti akan ketat. "Tapi kami percaya diri dengan peluang kami. Kami yakin dengan pilihan yang akan kami buat, kami bisa meraih kemenangan," ucapnya. 

 

Salah satu nama yang saat ini sudah mencuat sebagai bakal calon gubernur Jateng adalah eks kapolda Jateng, Ahmad Luthfi. Beberapa partai, seperti Gerindra, Golkar, dan PAN sudah menyatakan siap mengusung dan mendukung Luthfi dalam pilgub Jateng. Sementara itu PKB sudah mengumumkan akan mengusung Ketua DPW PKB Jateng Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement