Jumat 09 Aug 2024 07:58 WIB

Rizki Juniansyah Menangis, Emosional Catat Sejarah di Olimpiade

Rizki raih emas pertama dari angkat besi untuk Indonesia sepanjang sejarah Olimpiade.

Red: Israr Itah
Selebrasi lifter Indonesia Rizki Juniansyah menangis setelah berhasil melakukan angkatan yang berbuah emas Olimpiade.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Selebrasi lifter Indonesia Rizki Juniansyah menangis setelah berhasil melakukan angkatan yang berbuah emas Olimpiade.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah sangat emosional saat berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Ia mencatatkan sejarah emas pertama angkat besi Indonesia sepanjang keikutsertaan di Olimpiade hingga menetaskan air mata.

Rizki meraih emas angkat besi kelas 73kg putra di South Paris Arena pada Kamis malam waktu setempat atau Jumat dini hari WIB, dengan total angkatan 354kg. Ia mencatatkan angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199 kg yang memecahkan rekor angkatan clean and jerk Olimpiade.

Baca Juga

"Saya senang, bangga dan sangat emosional memenangi ini, medali emas pertama saya dan menciptakan sejarah," kata Rizki dalam laman Olimpiade Paris pada Jumat.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungannya, kepada yang menonton di rumah."

"Tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan perasaan saya. Anda melihat saya menangis karena ini merupakan pengalaman yang emosional dan indah, dan saya sudah menatap masa depan."

Rizki mengawali kompetisi dengan angkatan snatch 155kg. Hasil itu membuatnya tertinggal 10kg dari lifter China Shi Zhiyong dan 1kg di belakang lifter Venezuela Julio Mayora Pernia setelah fase pertama kompetisi.

Namun, Shi dan Mayora Pernia gagal mencatatkan kemenangan di bagian clean and jerk. Hal itu membuat juara dunia tiga kali dan peraih medali emas bertahan Shi tersingkir bersama Mayora Pernia.

Dengan tersingkirnya kedua rival besar tersebut, Rizki berkesempatan besar meraih medali emas.

Lifter berusia 21 tahun itu menyelesaikan angkatan pertamanya dengan berat 191kg. Ia kemudian menambah beban menjadi 199 kg pada percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang.

Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean and jerk Olimpiade.

Perolehan medali emas yang ditorehkan Rizki menambah koleksi medali bagi tim Indonesia menjadi dua medali emas, satu emas sebelumnya disabet atlet panjat tebing Veddriq Leonardo, serta satu perunggu yang ditorehkan atlet bulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung.

Indonesia masih menyimpan asal menambah medali dari angkat besi. Sebab, Nurul Akmal akan bertanding di kelas 81 kilogram wanita pada AHad (11/8/2024).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement