Senin 12 Aug 2024 08:06 WIB

Iran Latihan Militer, Serang Israel Pekan Ini?

Dewan Syura Iran sudah memutuskan akan melakukan serangan.

Red: Fitriyan Zamzami
Anggota Dewan Universitas Teheran menghadiri protes untuk mengutuk pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, di Universitas di Teheran, Iran, Rabu, 31 Juli 2024.
Foto: AP Photo/Vahid Salemi
Anggota Dewan Universitas Teheran menghadiri protes untuk mengutuk pembunuhan pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh, di Universitas di Teheran, Iran, Rabu, 31 Juli 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,  TEHERAN – Pengawal Revolusi elit Iran mengadakan latihan militer yang meliputi peluncuran misil di bagian barat negara itu yang akan berlanjut hingga Selasa. Sementara sumber-sumber di kalangan militer menyatakan bahwa serangan Iran ke Israel sebagai balasan pembunuhan kepala biro politik Hamas kemungkinan akan berlangsung pekan ini.

CNN melaporkan bahwa intelijen Israel yakin Hizbullah Lebanon akan melancarkan serangan pada 12 Agustus ini. Dan beberapa jam kemudian, Iran akan melancarkan serangan terhadap Israel.

Baca Juga

Situs web Israel Walla juga mengutip para pejabat Israel yang mengatakan bahwa perkiraan menunjukkan bahwa Iran telah memutuskan untuk melancarkan serangan langsung terhadap Israel. Situs web tersebut menambahkan bahwa intelijen militer dan angkatan udara menaikkan tingkat kewaspadaan mengingat perkiraan respons Iran yang akan segera terjadi.

Radio Tentara Israel mengutip para pejabat keamanan yang mengatakan bahwa Iran hampir mengambil keputusan mengenai serangan langsung dari wilayahnya terhadap Israel, namun perkiraan di Israel menunjukkan bahwa tanggapan Iran akan terbatas dan tidak akan mengarah pada perang yang komprehensif.