Selasa 20 Aug 2024 10:09 WIB

Rep: Surya Dinata / Red: Fian Firatmaja

Neutra DC Summit, Telkom Ungkap Kesiapan Indonesia Hadapi Dinamika AI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui anak usahanya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) yang merupakan perusahaan penyedia ekosistem data center, akan menyelenggarakan konferensi internasional, Neutra DC Summit 2024.

Tahun ini merupakan tahun kedua. Penyelenggaraan Neutra DC Summit 2024 akan diadakan di Bali pada 26 Agustus 2024 mendatang. Acara yang mempertemukan para pelaku industri teknologi dan inovasi digital ini akan membahas mengenai “The Other Side of AI”.

Direktur Group Business Development Telkom Indonesia Honesti Basyir mengatakan Neutra DC Summit 2024 oleh Telkom Data Ekosistem (TDE) pada 26 Agustus 2024 di Bali akan menjadi sebuah langkah besar.

Utamanya dalam memastikan kesiapan ketersediaan data center Indonesia menghadapi dinamika artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Honesti menilai hal ini selaras dengan landskap dan potensi ekonomi digital Indonesia yang begitu besar. 

Honesti menyampaikan 40 persen pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Honesti memperkirakan potensi ekonomi digital bisa melesat hingga ratusan miliar dolar AS pada 2030

Sebagai BUMN, lanjut Honesti, Telkom juga konsisten membangun infrastruktur dan platform untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Telkom telah meluncurkan tiga strategi utama yakni konektivitas digital, platform digital, dan digital services.

 

Videografer/Video Editor | Surya Dinata