Rabu 21 Aug 2024 19:39 WIB

Polres Indramayu Gelar Latihan Pengamanan Jelang Pilkada 2024

Latihan gabungan Sispamkota ini dilakukan bekerja sama dengan instansi terkait

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Polres Indramayu terus menggelar latihan gabungan simulasi Sispamkota, di lapangan GOR Singalodra Indramayu, Rabu (21/8/2024).
Foto: Lilis Sri Handayani
Polres Indramayu terus menggelar latihan gabungan simulasi Sispamkota, di lapangan GOR Singalodra Indramayu, Rabu (21/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ratusan personel dari Polres Indramayu dan Detasemen C, TNI dari Kodim 0616 Indramayu serta unsur lainnya dikerahkan untuk mengendalikan massa yang semakin anarkis. Situasi tersebut merupakan bagian dari latihan gabungan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) yang digelar oleh Polres Indramayu menjelang Pilkada 2024. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan GOR Singalodra Indramayu, Rabu (21/8/2024).

Terlihat aparat keamanan memasang tameng penghalau untuk melindungi diri dari lemparan massa yang anarkis. Di tengah kekacauan, sejumlah mobil dan motor patroli pun dikerahkan ke lokasi kerusuhan.

Baca Juga

Suara tembakan gas air mata dan senjata laras panjang terdengar memecah ketegangan, membuat massa sempat berhamburan untuk membubarkan diri. Untuk mengendalikan situasi, semburan air dari water canon Polres Indramayu dan Brimob diluncurkan ke arah massa. Selain menangani kerusuhan, polisi juga bergerak cepat mengevakuasi korban dan menangkap para pelaku perusuhan.

Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, menjelaskan bahwa latihan gabungan Sispamkota ini dilakukan bekerja sama dengan instansi terkait, seperti TNI dan Satpol PP. Simulasi itu bertujuan untuk menguji kesiapan personel dalam menjaga keamanan selama tahapan Pilkada Serentak. ‘’Kami dari Polres Indramayu bekerja sama dengan instansi terkait, seperti TNI, Satpol PP melakukan latihan gabungan Sispamkota,’’ ujar Ari.

Dalam latihan itu, sekitar 2.500 personel dikerahkan untuk memastikan kesiapan maksimal dalam pengamanan Pilkada nanti. Mulai dari tahap pendaftaran, kampanye, hingga hari pencoblosan dan pengumuman hasil suara oleh KPU serta pelantikan kepala daerah terpilih.

‘’Kami ingin memastikan bahwa tidak ada oknum yang mencoba mengganggu situasi Kamtibmas selama Pilkada Indramayu 2024 berlangsung,’’ kata Ari. 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement