Jumat 23 Jun 2023 12:00 WIB

Pengertian FASBI, Layanan Simpanan Bank Sebagai Upaya Aktivitas Operasi Pasar Terbuka

Tahukah kamu bahwa perbankan memberikan layanan simpanan sebagai upaya operasi pasar terbuka. Kenali apa itu FASBI berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Kebanyakan orang memahami bahwa perbankan atau bank merupakan lembaga keuangan yang seringkali dijadikan sebagai sarana untuk menabung dan menyimpan aset likuid oleh masyarakat. Tapi, belum banyak yang tahu bahwa ternyata bank juga terkadang membutuhkan sarana serupa agar bisa meraih suatu tujuan atau mendapat manfaat tertentu.

Istilah yang mengacu pada aktivitas tersebut dikenal dengan sebutan FASBI atau Fasilitas Simpanan Bank Indonesia. Secara umum, FASBI adalah suatu aktivitas penempatan uang rupiah oleh perbankan pada Bank Indonesia atau BI. Hal tersebut dilakukan sebagai rangka operasi keuangan yang memiliki jangka waktu selama satu hari kerja.

Tentunya, terkait aktivitas keuangan tersebut, ada sejumlah aturan dan tata cara pelaksanaan yang penting untuk diketahui. Terkait hal itu, berikut adalah penjelasan tentang apa itu FASBI, tata cara pelaksanaannya, dan pengajuannya bagi broker atau pialang.

Baca juga: Kenali Apa Itu Simpanan Berjangka, Manfaat, hingga Cara Kerjanya