Selasa 27 Feb 2024 09:00 WIB

4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan untuk Menambah Relasi dan Meningkatkan Skill Networking Kamu

Agar perjalanan karir lebih mudah, ada baiknya kamu membangun network. Jika bingung bagaimana memulainya, simak cara networking berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Foto: Cermati
Cermati

Di dalam dunia kerja, sudah bukan rahasia lagi apabila memiliki relasi yang baik dan luas bisa memperhalus perjalanan karirmu. Memiliki skill dan pengetahuan tentu saja penting, tetapi apabila tidak diimbangi dengan relasi yang baik perjalanan karirmu bisa lebih sulit. Perlu diingat, kesuksesan tidak hanya datang dari diri sendiri, tetapi juga dari orang di sekitarmu yang turut membantu.

 

Relasi yang Luas Sebagai Penopang Perjalanan Karir

Untuk mendapatkan relasi yang baik dan luas, diperlukan networking skill yang mumpuni agar bisa dilakukan secara tepat. Nah, kemampuan ini tentu harus dilatih dan dipraktekkan sebisa mungkin agar kamu lebih terbiasa melakukannya di kehidupan sehari-hari. Kamu harus secara aktif membangun relasi dengan orang-orang yang tepat di sekitarmu.

Teknik networking ini juga hanya tidak terbatas pada event-event yang diselenggarakan perusahaan saja. Apabila kamu lebih cermat, ternyata ada berbagai kegiatan lain yang bisa dilakukan untuk menambah relasi. Berikut beberapa diantaranya yang mungkin bisa dicoba.

  1. Menggeluti Hobi

    Menggeluti Hobi