Ahad 25 Aug 2024 12:01 WIB

Kisah Orang yang Menemukan Sumber Rezeki dari Alquran

Pelajaran dalam Alquran membuat seseorang bisa mendapatkan rezeki.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Petunjuk Alquran (ilustrasi)
Foto: VOA
Petunjuk Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dikisahkan, Umar bin Khattab Radhiayalahu anhu mulai merasa bosan dengan tingkah-laku seorang laki-laki. Sebab laki-laki tersebut selalu berkunjung ke rumah Umar bin Khattab, agar dia selalu dibantu oleh Umar bin Khattab. 

Umar bin Khattab berkata kepada laki-laki itu, "Hai lelaki, apakah kamu hijrah ke rumah Tuhan atau ke rumah Umar? Pergilah dan bacalah Alquran, lalu ambilah pelajaran-pelajaran dalam Alquran yang dapat membuatmu tidak butuh lagi untuk pergi ke rumah Umar." 

Baca Juga

Lelaki itu pun pergi. Telah berbulan-bulan dia tidak datang lagi dan Umar bin Khattab pun tidak pernah melihatnya. Hingga akhirnya Umar bin Khattab mendapatkan informasi bahwa lelaki itu telah menjauhi masyarakat. Dia kini berada di suatu tempat yang sunyi untuk beribadah. Di samping itu, dia memohon pertolongan kepada Tuhan agar diberi taufik untuk berusaha mencari rezeki yang halal dan memohon agar kebutuhan hidupnya dipenuhi oleh Allah SWT.

Umar bin Khattab kemudian mengunjungi laki-laki itu, lalu berkata kepadanya, "Aku rindu bertemu denganmu dan kedatanganku ini hanya ingin tahu tentang keadaanmu sekarang. Katakanlah, apa kiranya yang menyebabkanmu menjauh dan lari dari kami?"